kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Kompetensi Baru dan Penting di Masa Depan bagi Pekerja di Industri Digital


Kamis, 14 April 2022 / 16:02 WIB
3 Kompetensi Baru dan Penting di Masa Depan bagi Pekerja di Industri Digital
ILUSTRASI. Program digital MyBenefit dalam aplikasi VENTENY. Kompetensi baru dan penting di masa depan bagi pekerja di industri digital.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - Ekonomi digital di Indonesia terus berkembang, setidaknya tercatat 1,2 juta pekerja yang menopang industri ini di 2021. Setidaknya, ada tiga kompetensi baru dan penting di masa depan.

Perusahaan teknologi pencipta inovasi employee super-app, VENTENY meyakini, permintaan pasar tenaga kerja di bidang ekonomi digital akan semakin meningkat, dibarengi dengan kompetensi baru yang dianggap relevan dengan kebutuhan industri. 

Menurut Group Chief Operating Officer VENTENY Damar Raditya, karyawan perlu memperbarui kompetensi non-teknis atau soft skill yang bersinergi dengan budaya kerja dan perkembangan teknologi modern. 

Sebab, latar belakang pendidikan tidak lagi menjadi satu-satunya kriteria penilaian utama di mata perusahaan. 

VENTENY membagikan setidaknya tiga kompetensi penting di masa depan: ketahanan diri dan kemampuan mengelola stres (resilience and stress tolerance), memecahkan masalah kompleks (complex problem solving), dan dan pembelajaran aktif (active learning). 

Baca Juga: Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022? Ini 56 Instansi BUMN yang Buka Lowongan Kerja

Ketahanan diri dan kemampuan mengelola stres

Kemampuan mengelola stres dan bangkit dari situasi sulit adalah kedua kemampuan yang berkaitan serta memiliki dampak cukup signifikan dalam menjawab tantangan kerja di sektor digital. 

Setiap orang memiliki tingkat sensitivitas terhadap stres yang berbeda. Hal ini harus menjadi pertimbangan bagi employer ketika memberikan tanggungjawab kepada calon karyawannya, agar mereka tidak terbebani secara mental ketika bekerja. 

Selain berdampak terhadap kesehatan, hal tersebut juga akan memengaruhi tingkat produktivitas yang dapat dihasilkan oleh karyawan.

Memecahkan masalah kompleks 

Kemampuan pemecahan masalah kompleks adalah serangkaian proses yang melibatkan unsur kognitif, emosional, dan motivasi seseorang. 

Layanan atau jasa di sektor digital membutuhkan keterampilan dan strategi yang tinggi, berbeda dari permasalahan yang berasal dari rutinitas atau sistem yang sudah teratur. 

Apalagi, terkait dengan dunia digital yang setiap permasalahannya sangat kompleks dan melibatkan kepentingan banyak orang.

Baca Juga: Di Rekrutmenbersama.fhcibumn.id, Ini Syarat & Cara Daftar Rekrutmen Bersama BUMN 2022

Pembelajaran aktif

Kemampuan belajar dengan aktif akan menentukan kapasitas individu dalam mengolah sumber daya pada dirinya untuk memahami konsep, mengajukan pertanyaan penting, berdiskusi, dan pada akhirnya mengaplikasikan ilmu tersebut di lingkungannya. 

Perusahaan yang berencana melakukan transformasi di organisasinya, penting untuk memiliki SDM dengan kapasitas ini, agar perubahan yang ditargetkan dapat tercapai dengan optimal. 

Salah satu cara mengasah kemampuan active learning adalah dengan membiasakan diri kita terekspos dengan data dan metode belajar berbasis teknologi.

Sayangnya, banyak perusahaan yang belum mampu memanfaatkan potensi tersebut dengan baik. 

Berbagai faktor, seperti ketidakmampuan memberikan pelatihan terhadap karyawannya, sulit mendapatkan akses teknologi yang memadai, dan SDM yang terbatas, masih menjadi tantangan yang harus dihadapi banyak perusahaan.

"Perusahaan yang mau berinvestasi pada karyawan, tidak hanya pada core skill individu saja, namun juga pembentukan mindset dan mentalitas merupakan sebuah langkah progresif dalam mengupayakan employee happiness," kata Damar. 

"Kami yakin, dengan pelatihan profesional yang mudah diakses, terintegrasi, dan berkualitas, mampu menjawab tantangan profesi baru di era ekonomi digital," ujar dia dalam siaran pers Kamis (14/4).

Baca Juga: Bank BTN Buka Lowongan Kerja ODP Terbaru 2022, Ini Kriterianya

Saat ini, VENTENY sedang mengembangkan Learning Management System (LMS) untuk fitur V-Academy, sebagai upaya untuk memperkuat layanan agar semakin pragmatis bagi pengguna. 

LMS akan dilengkapi oleh silabus materi yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan karier setiap karyawan.

Sehingga, karyawan tidak hanya mampu memahami indikator dan output dari setiap materi pelatihan yang berkualitas, tetapi juga memperoleh sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh VENTENY. Sertifikat ini tentunya bermanfaat sebagai kredensial di pasar tenaga kerja.

Konsep employee super-app VENTENY yang mengintegrasikan layanan finansial, edukasi, lifestyle, hingga proteksi, menuai respons positif dari masyarakat Indonesia. 

Sepanjang November 2021 hingga Maret 2022, pertumbuhan user download aplikasi VENTENY mencapai 500% dengan kurang lebih 80% transaksi dihasilkan.

VENTENY juga memperkuat ekosistem layanan dengan menggandeng sejumlah strategic partner dari kalangan fintech, lembaga pelatihan, dan asuransi, serta tak ketinggalan local merchant. 

Dalam waktu dekat, VENTENY akan mengumumkan kerjasama tersebut kepada publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×