kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45966,88   -21,07   -2.13%
  • EMAS958.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.46%
  • RD.CAMPURAN -0.55%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

4 E-commerce besar mengincar penyaluran pinjaman ke pedagang online


Kamis, 14 Januari 2021 / 20:33 WIB
4 E-commerce besar mengincar penyaluran pinjaman ke pedagang online
ILUSTRASI. Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Shopee bisa menyalurkan modal kepada mitra UMKM di platform masing-masing.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Empat e-commerce besar mengincar penyaluran pinjaman kepada pedagang online. Dengan begitu, mereka bisa menyalurkan modal usaha kepada mitra UMKM di platform masing-masing, seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Shopee. 

Salah satunya, Bukalapak menyediakan fitur Bukamodal yang membantu pelapak untuk mendapatkan bantuan modal kerja dari lembaga pembiayaan yang terpercaya. Saat ini BukaModal bekerja sama dengan Akseleran, Investree, Modalku, Koinworks, dan Bank Mandiri.

Selain membantu penyediaan modal melalui fitur Bukamodal, Bukalapak juga memiliki fitur Bayar Tempo yang membantu penyediaan modal kerja bagi mitra Bukalapak yang bekerja sama dengan partner Indodana.

"Hingga saat ini sudah terdapat sekitar ribuan penjual atau pelapak dan mitra Bukalapak yang mendapatkan modal usaha dari Bukalapak. Jumlah pembiayaan produktif yang berhasil disalurkan kepada mereka mencapai puluhan miliar rupiah," kata Head of Investment & Financing Solutions Bukalapak, Dhinda Arisyiya, pekan lalu. 

Baca Juga: YLKI catat selama pandemi aktivitas belanja online meningkat hingga 30%

Tak mau kalah, Shopee juga menggandeng fintech lending untuk memperluas akses permodalan bagi mitra UMKM untuk membantu bisnis mereka di masa pandemi. Bahkan, Shopee ikut menjembatani penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari PT Bank Negara Indonesia (BNI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Shopee selalu berusaha agar dapat memberikan bantuan secara menyeluruh melalui program kami khususnya bagi para UMKM," terang Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto. 

Baca Juga: Bertambah satu entitas, ada 37 fintech P2P lending berizin penuh dari OJK

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×