Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. iPrice Group baru saja merilis analisa kejadian dan persaingan e-commerce Indonesia berdasarkan Google, jumlah pengunjung, aplikasi mobile dan media sosial. Tujuan riset ini adalah untuk melihat kembali pertumbuhan dan persaingan e-commerce Indonesia di tahun 2017.
Dalam siaran pers, iPrice Group mengumpulkan data peringkat aplikasi mobile shopping (Google Play dan App Store) setiap minggu dari App Annie dari bulan Januari hingga Desember 2017. Susunan peringkat lima besar aplikasi mobile tersebut berdasarkan ranking rata-rata di setiap kuarter. Berikut hasilnya:
1.Shopee Mendominasi Popularitas Aplikasi Mobile
Rata-rata, Shopee berada di posisi pertama untuk aplikasi mobile terpopuler baik di platformAndroid maupun iOS. Hal tersebut kemungkinan besar berkat branding “toko online C2C mobile” yang kerap dilakukan semenjak mereka meluncur di Indonesia. iPrice Group juga melihat program spesial lain yang dilakukan Shopee di tahun ini yakni “Mobile Shopping Day” saat 10.10 dan perayaan Hari Ulang Tahun Shopee di bulan November kemarin.
2. Persaingan Ketat Lazada dan Tokopedia
Melihat peringkat di platform Android, Lazada memiliki peringkat lebih tinggi dari Tokopedia. Lazada berada di peringkat rata-rata 2, Tokopedia rata-rata di posisi 3. Sedangkan di platfrom iOS, peringkat Tokopedia terlihat lebih tinggi dibanding Lazada. Rata-rata peringkat Tokopedia 1,75, sedangkan Lazada 2,5.
3. Peringkat Stabil Bukalapak
Bukalapak merupakan e-commerce yang memiliki peringkat aplikasi mobile yang paling stabil, yakni posisi 4 baik di platform iOS maupun Android.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News