kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.026,34   9,98   0.98%
  • EMAS975.000 -0,51%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Ada peluang Pertamina menambah kepemilikan saham di Kilang Bontang


Selasa, 30 Januari 2018 / 17:14 WIB
Ada peluang Pertamina menambah kepemilikan saham di Kilang Bontang
ILUSTRASI. Kilang Gas PT Badak Natural Gas Liquefaction (NGL)di Bontang


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina (Persero) memilih konsorisum Overseas Oil and Gas LLC (OOG) yang bekerja sama dengan Cosmo Oil International Pte Ltd (COI) sebagai calon mitra untuk proyek Grass Root Refinery (GRR) Bontang. Terpilihnya OOG didasari pada beberapa faktor yang menguntungkan Pertamina.

VP Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito menyebut, alasan dipilihnya OOG karena perusahaan tersebut didukung langsung oleh Pemeritah Oman. Selain itu, OOG juga sudah berpengalaman dalam pembangunan kilang.

Dengan kerja sama ini, Adiatma bilang Pertamina juga mendapatkan saham sebesar 10% dengan opsi adanya peluang untuk menambah saham di Kilang Bontang. "Kalau keuangan Pertamina kuat, kami bisa tambah kepemilikan saham di Kilang Bontang," ujar Adiatma pada Selasa (30/1).

Selain itu, Pertamina juga tidak memiliki kewajiban sebagai offtaker. Sehingga Pertamina tidak perlu membeli semua produk yang nanti dihasilkan oleh Kilang Bontang yang akan memproduksi gasoline sebesar 300.000 barel pada 2025.

Justru Pertamina memiliki kesempatan untuk menjual produk yang dihasilkan Kilang Bontang ke luar negeri. Apalagi OOG menggandeng perusahaan trading Cosmo Oil.

Terakhir, Pertamina tidak perlu mencari pendanaan sendiri untuk proyek Kilang Bontang. Pendanaan Kilang Bontang akan jadi tanggungjawab OOG. "Yang bagusnya dari skema ini adalah pendanaan mereka semua yang bawa," kata Adiatma.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era Data Analysis with Excel Pivot Table

[X]
×