kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agung Sedayu dan Salim Group Resmikan Desain & Lifestyle Ekspo Terbesar di Indonesia


Senin, 18 September 2023 / 09:43 WIB
Agung Sedayu dan Salim Group Resmikan Desain & Lifestyle Ekspo Terbesar di Indonesia
ILUSTRASI. Indonesia Design District (IDD) di PIK2?yang dikurasi oleh Amantara (subsidiari dari Agung Sedayu Group)


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bonus demografik di Indonesia kini semakin terlihat dengan pertumbuhan keluarga baru yang kian bertambah dan berekspansi ke berbagai kota satelit di Jakarta.

Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) sebagai kota mandiri terpadu pun turut menawarkan beragam jenis hunian, komersial, retail gaya hidup, perkantoran, hingga destinasi wisata yang disertai berbagai fasilitas komprehensif bagi para residen dan pengunjungnya.

Salah satu destinasi konseptual terbaru yang dipersembahkan oleh Agung Sedayu Group (ASG) dan Salim Group yaitu Indonesia Design District (IDD) yang dikurasi oleh Amantara (subsidiari dari ASG).

Mega proyek seluas 12.1 hektare dengan konsep semi outdoor ini resmi dibuka pada 16 September 2023. Indonesia Design District (IDD) sebagai “Desain dan Lifestyle Ekspo Terbesar di Indonesia” memiliki lebih dari 200 brand lokal dan internasional ternama, mulai dari produk home living, interior, gaya hidup, hingga karya seni.

Baca Juga: PANI Emiten Milik Agung Sedayu dan Grup Salim Cetak Lonjakan Laba di Semester I 2023

Beberapa tenant yang tergabung di IDD antara lain: Malinda Furniture Gallery, BIKA, Magran, TOTO, ROCA, Sleep&Co., MM Galleri, Emporium Marble, Box Living, LUAR by Malka, Vivere, The Hellenoz, Le Marbles, Spring Air, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu tersedia pula beragam tenant F&B dan café trendy untuk dinikmati dan bersantai bersama keluarga seperti Bandar Djakarta, May Star, 1/15 Coffee, Medan Baru, 30 Bumbu by Chop Buntut,, Bipang Ambawang, GIOI, Sushi Mashi, Karusotju, Oyster Dealer, Bleum Coffee, Kem Chicks, dan lainnya.

Setiap tenan hadir dengan konsep bangunan stand-alone dimana masing-masing store akan berdiri sendiri dan didesain oleh arsitek ternama Indonesia seperti Andra Matin untuk Kayu Lapis, dan Yori Antar untuk Viro world.

Koridor terbuka dan taman asri yang menghubungkan seluruh store di area ini juga didesain oleh DP Architect yang berbasis di Singapura berkolaborasi dengan studio lokal Seniman Ruang.

Furnitur yang berada di area umum didesain secara apik oleh Alvin Tjitrowirjo turut merepresentasikan misi IDD dalam mendukung industri kreatif di Indonesia.

Baca Juga: Pertengahan September, Agung Sedayu dan Sinar Mas Group Mulai Ground Breaking di IKN

“Kehadiran IDD semakin melengkapi ragam sektor industri di kawasan PIK2 sehingga dapat terus menarik minat para pelaku bisnis lokal maupun internasional,” ujar Natalia Kusumo, CEO Commercial & Hotels Agung Sedayu Group (Amantara) dalam keterangan resmi, Minggu (17/9).

Dari sisi konsumen, ia menambahkan bahwa “kawasan one-stop shopping ini menjadi tempat berbelanja terbaik untuk memenuhi segala kebutuhan furniture & home decorations.”

Berlokasi strategis di apit oleh kedua jalan utama yaitu Jl. Thamrin PIK2 dan Jl. Rasuna Said PIK2, IDD hanya berjarak 15 menit dari Golf Island PIK. Toll Interchange PIK2 yang rencananya akan selesai pada Q4 2024 tentunya juga akan semakin mempermudah akses transportasi bagi para pengunjung domestik maupun manca negara.  

Ipeng Widjojo selaku Direktur Bisnis Development Agung Sedayu Group mengatakan: “Kompleks Indonesia Design District (IDD) merupakan bagian pengembangan dari area Urban Hub PIK2 seluas 120 hektar yang terintegrasi dengan berbagai fasilitas disekitarnya, seperti Distrik Otomotif PIK2, Entertainment District, Day & Night District, Thamrin Park Avenue, Living Plaza, Phantom Club, Galaxy Sport Club, gereja, hotel, supermarket, dan outlet F&B konseptual.”

Selain luxury furniture, berbagai brand perabot anak juga melengkapi deretan tenant di IDD seperti Baby Rovega dan Doogles.

Baca Juga: Emiten Milik Agung Sedayu dan Grup Salim Ini Akan Akuisisi 7 Perusahaan Rp 9,41 T

Di samping itu, terdapat juga taman bermain outdoor yang diberi nama Playscape yang ramah anak-anak yang dilengkapi dengan lantai berbahan busa (foam), dimana pengunjung dapat menjelajahi dunia furnitur melalui permainan berbentuk kursi raksasa maupun permainan tradisional Indonesia seperti congklak.

Sementara, Imagispace menyediakan ruang instalasi seni digital yang cocok bagi segala usia dengan interaktif entertainment-nya. Mushola berkapasitas besar, directory dan toilet yang di design khusus juga tersedia untuk melengkapi fasilitas umum disini.

“Komplek IDD terkoneksi secara seamless dengan Erajaya Digital Complex (EDC) dan restoran Bandar Djakarta PIK2 yang terbesar dengan menghadirkan konsep terbarunya. EDC merupakan sebuah pusat teknologi digital, IOT, gadget dan elektronik terbesar dan terlengkap di Indonesia,” ujar Soesilawati, Direktur IDD.

"Berbagai brand unggulan seperti Samsung, iBox, Erafone & More, Urban Republic, Garmin, JBL, Oppo, Realme, Xiaomi, Vivo, Huawei, LG, dan lainnya akan hadir disini."

Berjalan dari IDD menuju ke EDC melalui koridor penghubung, pengunjung akan melewati Mandapa, tempat festival kuliner atau pasar seni serta kerajinan tangan dari para UMKM lokal diselenggarakan.

Tepat disebelahnya, berdiri sebuah area khusus untuk pameran dan event bernama Townhall seluas 1,296 m2 dan berlokasi strategis dekat dengan West Lobby.

Salah satu event perdana bertaraf internasional yang akan diadakan disini yaitu annual event Oktoberfest PIK edisi ke-2 yang rencananya diselenggarakan pada 22 dan 23 September 2023 dan juga pameran seni dari Indonesia Contemporary Art & Design (ICAD).

Festival pertukaran budaya ini juga merupakan official Oktoberfest gatherings di Jakarta, hasil kolaborasi antara Amantara dengan Perkumpulan Ekonomi Indonesia Jerman (EKONID) dan Indonesian Street Children Organization (ISCO).

Oktoberfest PIK akan menjadi wadah untuk merayakan tradisi kuliner dan pertunjukan musik dari Bavaria, Jerman yang unik. Beragam hiburan yang dapat dinikmati di Oktoberfest PIK antara lain penampilan ekslusif band otentik asal Jerman – The Famous 10 Partenkirchner Musikanten, hidangan all you can eat khas Bavaria dari Mama’s German Restaurant, free-flow beer Jerman – Konig dan Kaltenberg (tiket premium), dan Prost (tiket regular) dari Orang Tua Group, dan aneka permainan (games), hingga berbagai pilihan F&B lainnya hasil kolaborasi dengan berbagai sponsors dan partners.

Acara ini dibuka untuk umum dengan tiket masuk yang masing-masing di banderol seharga 1,4 juta per orang (premium) dan 800 ribu per orang (regular). Informasi mengenai event ini dapat dilihat lebih lanjut di akun Instagram @enjoy.pik.

“Berbagai event yang kami rencanakan seluruhnya dikonsepkan oleh Amantara yang bertujuan untuk meng-highlight berbagai destinasi konseptual di PIK2 termasuk IDD”, ujar Anwar Salim, Director of Operating Units Amantara.

Ia juga menambahkan, “Event Oktoberfest PIK kali ini tentunya semakin meriah karena bertepatan dengan opening IDD. Dimana rencananya Oktoberfest PIK tahun ini akan diselenggarakan di Townhall IDD yang tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi para pengunjung maupun komunitas yang hadir”.

Dengan demikian, Indonesia Design District (IDD) akan menjadi tempat diselenggarakannya berbagai pameran seni, design, dan ekonomi kreatif termasuk berbagai event lokal maupun bertaraf internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×