Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Maskapai berbiaya hemat Air Asia Indonesia kini mulai memasarkan produk-produk hasil karya masyarakat dengan hambatan pendengaran dari Yayasan Insan Sejahtera (Precious One). Rencananya akan ada tida produk yang ditawarkan dalam penerbangan Air Asia Indonesia dan Indonesia Air Asia X mulai 1 Juli 2016 nanti.
"Kami sangat senang dapat berkolaborasi untuk memasarkan produk-produk ini," ujar Andy Adrian Febriyanto, Direktur Niaga Air Asia Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (23/6).
Pemasaran produk ini bermula dari cerita mengenai Precious One yang dimuat di majalah inflight AirAsia, Travel 3Sixty°, edisi Desember 2015. Menurut Andy setelah itu, perusahaan pun tergerak untuk berpartisipasi dalam memasarkan produk dari Precious One di dalam penerbangannya.
Produk-produk tersebut antara lain Travel Wallet dengan harga Rp 60,000, Travel Sling Bag (Rp 70,000) dan AirAsia Finger Puppet Set (Rp 70,000).
“Dengan mengandalkan jaringan rute yang dioperasikan oleh AirAsia Indonesia, Precious Product akan dipasarkan pada 11 rute domestik dan 20 rute internasional yang menjangkau kawasan Asia dan Australia," imbuhnya.
Sejauh ini penjualan produk tambahan atau ancillary produk dalam penerbangan AirAsia Indonesia yang saat ini telah berkontribusi sebesar 20% dari total pendapatan.
Selain penjualan barang, pendapatan ancillary juga diperoleh dari penjualan layanan pick a seat (memilih tempat duduk), inflight meals dengan berbagai menu menarik yang disiapkan oleh on-board café AirAsia ‘Santan’, pilihan bagasi hingga asuransi perjalanan Tune Protect dan semua ini dapat dipesan secara prabayar (pre-book).
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News