kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ajang IIMS 2013 Dongkrak Penjualan Mobil


Jumat, 20 September 2013 / 10:28 WIB
Ajang IIMS 2013 Dongkrak Penjualan Mobil
ILUSTRASI. Ini Cara Penularan Hepatitis Akut Anak dari Pakar Unpad, Orangtua Perlu Waspada.


Reporter: Francisca Bertha Vistika, Tendi Mahadi, Merlinda Riska | Editor: Herlina Kartika Dewi

JAKARTA. Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 mulai digelar kemarin. Dalam pameran ini seluruh pabrikan otomotif, distributor dan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) berlomba memamerkan kendaraannya untuk menarik minat konsumen. Perhelatan akbar ini juga diharapkan bisa mendongkrak penjualan mobil nasional tahun ini.

Ketua Panitia IIMS, Johnny Darmawan, menyatakan, perhelatan yang digelar sejak kemarin hingga 10 hari ke depan ini akan menjadi sarana ATPM untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen. "Kami tidak menargetkan penjualan di IIMS," katanya, Kamis (19/9).

Meski begitu, Johnny mengakui ajang IIMS merupakan satu sarana untuk mendongkrak penjualan mobil yang tahun ini ditargetkan sebesar 1,1 juta unit. Sebagai gambaran, dalam IIMS tahun lalu, nilai transaksi yang berhasil diraup sekitar Rp 4,6 triliun.

Johnny bilang, dalam ajang yang diikuti oleh pabrikan mobil dari berbagai negara ini bakal menyedot pengunjung sekitar 370.000 orang atau naik dari tahun lalu yang mencapai 265.000 pengunjung.

Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Chandra bilang, dalam ajang pameran ini, ADM tidak menetapkan target penjualan yang terlalu tinggi. Meski begitu, ia berharap dalam IIMS 2013 kali ini Daihatsu bisa meraup penjualan yang lebih tinggi ketimbang tahun lalu.

Menurut Amelia, dalam IIMS tahun 2012, ADM mampu menjual 500 unit mobil. Nah, "Tahun ini dengan tambahan penjualan dari Daihatsu Ayla, mungkin bisa terjual 1.000 unit mobil," kata Amelia.

Presiden Direktur ADM, Sudirman MR juga bilang perusahaannya tidak menetapkan target yang muluk-muluk selama IIMS 2013. "Bagi kami penjualan di IIMS nomor dua. Yang penting Daihatsu bisa lebih baik." ujarnya

PT Honda Prospect Motor (HPM) menargetkan penjualan sekitar 3.200 unit mobil selama ajang IIMS 2013. Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran HPM bilang dalam gelaran IIMS 2013 Honda memamerkan berbagai jenis mobil dari berbagai segmen, diantaranya Honda Brio, Honda Jazz, Honda CRV, serta mobil murah keluaran Honda yang baru saja diluncurkan yakni Honda Brio Satya.

Tak hanya itu, dalam ajang IIMS kali ini, Honda juga memperkenalkan produk baru di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yakni Honda Mobilo. Harga yang ditawarkan Honda untuk mobil yang baru diluncurkan ini sekitar Rp 150 juta-Rp 180 juta. "Kami menerima pemesanan untuk Mobilo.

Namun konsumen yang memesan harus menunggu hingga awal Januari untuk bisa mendapatkannya," ungkap Jonfis.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo juga bilang Toyota tak mematok target penjualan dalam ajang IIMS ini. "Kami memang menyediakan diler dan leasing (fasilitas pembiayaan). Tapi kami tidak punya target harus menjual berapa unit," katanya.

Namun, Rahmat bilang, sampai akhir tahun ini, Toyota optimistis bisa meraup pertumbuhan penjualan sekitar 36% pada tahun ini. Sebagai gambaran, tahun lalu, TAM mampu menjual sekitar 400.000 unit kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×