kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi Supra Boga Lestari (RANC), Blibli: Untuk percepat perluasan ekosistem bisnis


Kamis, 16 September 2021 / 17:38 WIB
Akuisisi Supra Boga Lestari (RANC), Blibli: Untuk percepat perluasan ekosistem bisnis
ILUSTRASI. Blibli,com akan mengakuisisi Supra Boga Lestari (RANC) untuk mempercepat perluasan ekosistem bisnis.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Global Digital Niaga alias Blibli.com bersiap mengakuisisi kepemilikan saham PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC). Langkah ini diambil sebagai strategi untuk mempercepat perluasan ekosistem bisnis perusahaan e-commerce milik Group Djarum tersebut.

Chief Executive Officer (CEO) & Co-Founder Blibli Kusumo Martanto mengungkapkan, rencana strategis itu sejalan dengan langkah Blibli menumbuhkan bisnis yang sudah solid, dengan menjadi solusi bagi seluruh pemangku kepentingan yang ada di dalam ekosistem. Meski tidak membeberkan secara rinci proses akuisisi, namun Kusumo memastikan pihaknya telah melakukan penandatanganan Perjanjian Pengikatan Pembelian Saham (PPPS) RANC.

"Bagi kami di Blibli, formula terpenting menjalankan bisnis adalah kualitas layanan, inovasi dan kolaborasi. Sebagai bentuk komitmen Blibli mempercepat pengembangan dan perluasan ekosistem bisnis sebagai salah satu perusahaan e-commerce terkemuka di Indonesia, kami telah melakukan PPPS dalam PT Supra Boga Lestari Tbk.," ujarnya kepada Kontan.co.id, Kamis (16/9).

Baca Juga: Tersengat kabar akuisisi, saham Supra Boga Lestari (RANC) naik 10%

Dengan ekosistem teknologi bisnis menyeluruh yang mencakup B2C, B2B, B2B2C, dan B2G, Kusumo menekankan, Blibli akan terus fokus membangun kepercayaan dan memberikan pengalaman ritel terbaik. Sinergi bersama RANC diharapkan bisa mewujudkan komitmen tersebut, sembari memastikan pemenuhan kebutuhan pelanggan, memberdayakan mitra bisnis, dan menciptakan inovasi solusi.

"Blibli yakin dengan reputasi, kinerja dan potensi Supra Boga Lestari yang positif, semakin memantapkan peluang dalam membesarkan pangsa pasar yang akhirnya memacu pertumbuhan bisnis kedua pihak," kata Kusumo.

Mengutip pemberitaan Insight Kontan, Blibli disebut telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 797,9 juta saham, setara 51% saham RANC. Blibli akan mengakuisisi 797,9 juta saham RANC dari tangan sejumlah pemegang saham, yakni PT Wijaya Sumber Sejahtera dan Prima Rasa Inti lewat negosiasi langsung dengan para pemegang saham tersebut.

Saat ini, PT Wijaya Sumber Sejahtera menguasai 26,88% saham RANC. Sementara PT Prima Rasa Inti menggenggam 18,72%. Nilai transaksi 51% saham RANC ini ditaksir sebesar Rp 1,76 triliun. Asumsi tersebut menggunakan patokan harga saham RANC pada Kamis (16/9) yang ditutup di Rp 2.200 per saham.

Mengutip pemberitaan Kontan.co.id sebelumnya, RANC menjalankan bisnis supermarket premiumnya melalui Ranch Market dan Farmers Market. Hingga tahun lalu RANC memiliki 53 gerai.

Jabodetabek mendominasi dengan 40 gerai. Sisanya berada di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan dan Ambon. RANC berencana untuk menambah setidaknya 10 gerai baru di tahun ini.

Selanjutnya: Blibli.com Dikabarkan Sudah Meneken Perjanjian Untuk Akuisisi 51 Persen Saham RANC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×