kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,98   -12,52   -1.36%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak usaha Indofarma (INAF) sediakan layanan laboratoritum PCR tes corona


Minggu, 12 Juli 2020 / 15:14 WIB
Anak usaha Indofarma (INAF) sediakan layanan laboratoritum PCR tes corona
ILUSTRASI. Suasana di pabrik farmasi PT Indofarma Tbk (INAF) di Cibitung, Jawa Barat


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Entitas perusahaan PT Indofarma Tbk (INAF), PT Farmalab Indo Utama meneken Perjanjian Kerja Sama dengan PT Maha Raung Utama pada tanggal 15 Juni 2020. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka penyediaan layanan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang akan berlokasi di Graha Dirgantara, Halim, Jakarta.

Direktur Farmalab Indoutama Lany Marliany menjelaskan kerjasama yang disepakati adalah penyediaan pelayanan kesehatan dan pelayanan penunjang kesehatan untuk pemeriksaan menggunakan rapid test, test RT-PCR swab, dan medical check-up. 

Baca Juga: Penjualan terkikis, Indofarma (INAF) mencatatkan laba Rp 7,96 miliar

"Farmalab Indoutama memiliki bisnis inti berupa jasa pengujian laboratorium dan aktivitas pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh paramedis," jelas Lany kepada Kontan.co.id, Minggu (12/7). 

Lany menyatakan supply alat kesehatan dari Indofarma karena sebelumnya INAF mengimpor  Rapid Test Diagnistic Covid-19 dan PCR. 

Melansir catatan Kontan.co.id sebelumnya, Indofarma bekerjasama dengan produsen asal China dan Korea untuk mendatangkan Rapid Test Diagnostic Covid-19 dan PCR di awal Maret lalu sebanyak 100.000 alat tes.

Dihubungi terpisah, Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto menjelaskan latar belakang kerja sama ini dilandasi dengan kepedulian PT Indofarma Group untuk memberikan kontribusi yang positif dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Di sisi lain, Arief juga melihat bahwa dimulainya pemeriksaan sample Swab RT-PCR sebagai metode golden standard saat ini masih sangat sedikit dilakukan karena terbatasnya fasilitas laboratorium PCR.

Baca Juga: Indofarma: Insentif vaksin covid-19 bisa bantu cash flow industri farmasi

"Untuk itu, PT Indofarma Tbk yang merupakan bagian dari Holding BUMN Farmasi yang difokuskan pada pengembangan bisnis alat kesehatan dan diagnostik kesehatan turut berperan aktif dalam percepatan penanganan Covid-19 lewat anak usaha," jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (10/7). 

Arief menambahkan sebagian pasokan alat kesehatan untuk test PCR juga didukung dari dari induk usaha holding farmasi, PT Biofarma (persero). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×