Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ancaman scam dan spam di ruang digital Indonesia kian mengkhawatirkan. Berdasarkan Asia Scam Report 2024 dari Global Anti-Scam Alliance (GASA), sekitar 65% masyarakat Indonesia menerima upaya penipuan setiap pekan.
Penipuan itu mulai dari teks phishing, tawaran kerja palsu, hingga skema penipuan investasi. Kondisi ini menunjukkan urgensi atas perlindungan digital yang semakin kuat dan inklusif.
Maka, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand IM3 menghadirkan fitur Satuan Anti Scam dan Spam alias Satspam. Ini adalah layanan perlindungan digital otomatis yang terintegrasi langsung dalam jaringan IM3.
Berbeda dengan fitur keamanan lain yang memerlukan pengaturan manual atau aplikasi tambahan, Satspam dapat aktif secara otomatis saat pelanggan menggunakan layanan IM3 dengan paket data aktif.
Sistem ini bekerja secara real-time di jaringan emiten berkode saham ISAT itu untuk mengenali, menyaring, dan memberikan peringatan terhadap potensi penipuan digital baik melalui SMS maupun panggilan telepon dari nomor mencurigakan.
Sehingga, pelanggan tidak perlu menanggapi panggilan dan pesan mencurigakan tersebut. Pengguna juga dapat berkontribusi dalam sistem ini dengan melaporkan nomor-nomor mencurigakan melalui aplikasi myIM3.
Bilal Kazmi, Direktur dan Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan, melalui Satspam, IM3 menghadirkan pengalaman digital yang lebih aman dari ancaman scam dan spam bagi masyarakat Indonesia sebagai bagian dari teknologi AIvolusi5G.
Itu adalah jaringan aman yang pintar dengan penggabungan kecerdasan buatan (AI)serta jaringan 5G milik Indosat. "Rasa aman untuk berinteraksi di ruang digital adalah hak semua orang. Teknologi perlu menjadi alat perlindungan, bukan hanya konektivitas," kata Bilal, Minggu (10/8).
Baca Juga: Strategi Monetisasi Aset Indosat Guna Genjot Kinerja
Dengan Satspam, kini masyarakat Indonesia bisa menjawab telepon dan membaca pesan tanpa rasa takut atau khawatir akan potensi ancaman penipuan dari nomor tak dikenal.
Satspam memiliki dua jenis fitur. Pertama, Satspam Basic. Fitur ini aktif otomatis untuk seluruh pengguna IM3 Prabayar dengan paket data aktif, tanpa pengaturan tambahan.
Pelanggan baru cukup mengaktifkan Kartu Perdana IM3 dengan harga Rp 35.000 untuk menikmati fitur ini. Memberikan perlindungan dasar berupa deteksi otomatis terhadap nomor mencurigakan saat menerima telepon atau SMS.
Kedua, Satspam+, menyasar pelanggan yang membutuhkan proteksi yang lebih tinggi. Menawarkan fitur tambahan yang mampu mengenali berbagai jenis panggilan masuk, apakah itu spam, scam, atau nomor terpercaya.
Layanan ini tersedia otomatis untuk seluruh pelanggan IM3 Prabayar dengan paket internet minimal Rp 50.000 dan pelanggan pascabayar IM3 Platinum dengan melakukan pemberian izin akses melalui aplikasi myIM3.
Satspam+ juga memperluas perlindungan dengan mendeteksi tautan berbahaya dalam layanan pesan singkat (SMS) secara real-time, serta mengirimkan laporan mingguan langsung melalui aplikasi myIM3.
Selanjutnya: Diperiksa di Kasus Ijazah Jokowi, Mantan Ketua KPK Abraham Samad Sebut Kriminalisasi
Menarik Dibaca: 2 Resep Bolu Tanpa Pengembang yang Lembut dan Super Simpel, 100% Berhasil
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News