kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aneka Gas Industri (AGII) akan suplai gas untuk proyek smelter PT Timah


Selasa, 25 Mei 2021 / 17:55 WIB
Aneka Gas Industri (AGII) akan suplai gas untuk proyek smelter PT Timah
ILUSTRASI. Direktur Utama PT. Aneka Gas Industri Rachmat Harsono di Jakarta, Senin (17/12). KONTAN/Fransiskus Simbolon/17/12/2018


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) melalui anak usahanya PT Samator Gas Industri (SGI) telah menandatangani kontrak kerja sama berjangka waktu 12 tahun dengan PT Timah Tbk (TINS).

Hal ini dalam rangka pembangunan pabrik untuk menyediakan pasokan gas industri yang dibutuhkan dalam proyek pengembangan smelter pemurnian timah berteknologi TSL Ausmelt Furnace di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Pembangunan pabrik untuk suplai gas oksigen ini merupakan indikator yang kuat bahwa proses industrialisasi di bidang sumber daya alam pasca pandemi saat ini telah berlangsung dengan baik,” ungkap Direktur Utama AGII dan SGI Rachmat Harsono dalam siaran pers yang diterima Kontan, Selasa (25/5).

Baca Juga: Siap-siap, Erajaya Swasembada (ERAA) akan tebar dividen hingga Rp 219,4 miliar

Selain itu, bagi AGII, kesepakatan ini merupakan langkah yang besar bagi perusahaan dalam mendukung pasokan gas industri untuk kegiatan usaha Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus menandakan adanya kesinergian yang baik antara perusahaan swasta dan BUMN.

Hal tersebut sejalan dengan strategi dan usaha AGII dalam memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar dengan mengembangkan bisnis di sektor on-site plant atau captive.

“Dengan fokus pada keunggulan masing-masing untuk lebih memajukan rantai nilai tambah pada industri sumber daya alam nasional, kerja sama ini akan membantu Indonesia menjadi semakin unggul dalam bersaing secara global,” jelas Rachmat.

Pabrik gas industri yang akan dibangun dalam rangka kerja sama ini akan menjadi pabrik pertama yang dioperasikan oleh AGII dan entitas anak di Provinsi Bangka Belitung dan akan dibangun untuk mendukung suplai gas industri bagi proyek smelter pemurnian timah milik TINS berteknologi TSL Ausmelt Furnace.

Baca Juga: Penjualan terkikis, rugi Lionmesh Prima (LMSH) justru susut

Sebelumnya, SGI berhasil terpilih menjadi perusahaan terbaik setelah bersaing dengan 7 bidder atau penawar lainnya dalam rangka penyediaan gas industri pada proyek tersebut.

Sebagai tambahan informasi, SGI merupakan salah satu anak usaha AGII dengan kepemilikan saham oleh perusahaan sebesar 99,91%.

Selanjutnya: Ada rencana pajak karbon, simak tanggapan Indocement Tunggal Prakarsa (INTP)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×