Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan tidak akan mengambil langkah pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun merumahkan sementara pegawai tanpa digaji kendati target pendapatan perseroan pada 2020 kemungkinan besar tidak tercapai akibat wabah corona (Covid-19).
Yado Yarismano, VP Corporate Communications PT Angkasa Pura II mengatakan, manajemen perusahaan memastikan tidak akan melakukan rasionalisasi untuk jumlah karyawan.
"Tidak ada PHK karyawan. Saat ini kami mengusung konsep work from home. Di mana karyawan masih bekerja di rumah menggunakan tools untuk remote working, ini berbeda dengan konsep dirumahkan. Dengan konsep ini karyawan masih mendapatkan kompensasi dan benefit," ujar Yado kepada kontan.co.id, Sabtu (11/4).
Baca Juga: Penumpang pesawat di AP II turun 4,84% pada kuartal I, penurunan Maret capai 21%
Strategi untuk mengatasi turunnya pendapatan akan dilakukan dengan berbagai upaya penghematan. Khususnya yang berkaitan dengan cost leadership, serta mempersiapkan strategi untuk rebound ketika traffic akan mulai naik kembali.
Selain itu, Yado menegaskan AP II tidak akan melakukan perampingan organisasi. Untuk menanggulangi penurunan pendapatan AP II berupaya menekan cost atau biaya operasional, seperti dengan melakukan pembatasan operasi.
"Pendapatan kami memang akan terkoreksi karena banyak cancel flight tapi masih dilakukan perhitungan bersama tim keuangan," kata Yado.
Yado mengatakan, sebetulnya penerbangan nasional mulai bergairah pada awal tahun ini selepas isu tiket mahal pada tahun lalu. Secara year-on-year, pada Januari 2020 jumlah penumpang naik 3,18%, lalu Februari 2020 naik 3,71%.
"Tetapi pada Maret 2020 turun 21,27% karena memang masyarakat merespons cukup baik anjuran pemerintah untuk tidak bepergian ke luar kota atau ke luar negeri dan memilih stay at home dan work from home guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19,” papar Yado.
Selain itu menurutnya, dampak COVID-19 memang sudah dirasakan sejak awal tahun, tapi hanya pada penerbangan internasional. Bandara-bandara AP II sebesar 70% melayani penerbangan domestik.
Baca Juga: Giliran Angkasa Pura II yang wajibkan seluruh petugas bandara gunakan masker kain
AP II juga mengimplementasikan berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan instruksi regulator serta sejumlah inovasi AP II.
"Sosialisasi mengenai jadwal penerbangan, informasi terkini, peraturan atau kebijakan terbaru terkait Covid-19 kami lakukan lewat berbagai platform seperti website, aplikasi INAirport, media sosial, dan juga melalui layanan contact center Airport 138,” kata Yado.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News