kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkasa Pura II tingkatkan penggunaan aplikasi digital untuk mempermudah operasional


Kamis, 25 Juni 2020 / 20:22 WIB
Angkasa Pura II tingkatkan penggunaan aplikasi digital untuk mempermudah operasional
ILUSTRASI. Petugas beraktivitas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura II (Persero) berkomitmen untuk terus meningkatkan penggunaan aplikasi digital untuk memudahkan operasional sekaligus mempercepat digitalisasi bandara.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, salah satu aplikasi berbasis digital yang sudah diterapkan adalah Travelation. Aplikasi ini bertujuan mempermudah dan mempersingkat waktu proses pengecekan dokumen penerbangan penumpang.

Baca Juga: Hadapi Covid-19, AP II terapkan konsep berbasis teknologi di Bandara Soekarno-Hatta

“Digitaliasi menjadi hal yang sangat penting dan tidak bisa dihindari di tengah pandemi Covid-19. Kami sudah sekitar 4 tahun lalu memulai transformasi digital pada aspek operasional dan pelayanan sehingga kami sudah siap memunculkan inovasi baru berbasis digital untuk menghadapi pandemi ini,” kata Awaluddin dalam siaran resmi, Kamis (25/6).

Ia menuturkan, Travelation ke depannya bukan hanya digunakan bagi penumpang pesawat, tetapi juga dikembangkan sebagai terminal access control berupa Airport ID bagi pekerja bandara dan pengunjung bandara untuk mendukung prinsip keamanan, keselamatan, pelayanan dan pemenuhan prosedur termasuk di tengah pandemi.

Baca Juga: Terdampak pandemi Covid-19, Angkasa Pura II tahan ekspansi dan pangkas belanja modal

Aplikasi tersebut kini sudah digunakan dalam rangka uji coba di 19 bandara yang dikelola perseroan. Adapun, uji coba dilakukan guna mensosialisasikan penggunaan dan mendengar berbagai masukan dari penumpang pesawat.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir juga mendorong agar pemanfaatan digital dapat ditingkatkan guna mengembalikan geliat perekonomian di Tanah Air di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Meski sedang berada di tengah pandemi, Menteri BUMN meminta agar inovasi tetap berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×