kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter Jabodetabek Operasikan 1.061 Perjalanan per Hari


Kamis, 04 April 2024 / 03:15 WIB
Angkutan Lebaran 2024, KAI Commuter Jabodetabek Operasikan 1.061 Perjalanan per Hari
ILUSTRASI. Lebaran, KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.061 perjalanan per hari. KONTAN/Muradi


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. KAI Commuter akan mengoperasikan perjalanan Commuter line Jabodetabek sebanyak 1.061 perjalanan per hari untuk seluruh lintas Jabodetabek selama Angkutan Lebaran 2024. 

Hal ini dilakukan guna melayani pengguna yang akan beraktivitas selama musim libur Lebaran 2024.

KAI Commuter memprediksi ada lima stasiun yang akan dipadati oleh pengguna. Antara lain Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakartakota, Stasiun Citayam dan Stasiun Bekasi.

Mengutip Infopublik.id, menurut Kepala Sekretaris Perusahaan KAI Commuter, Anne Purba pada Rabu (3/4/2024), dari sisi pelayanan, keamanan dan keselamatan untuk wilayah Jabodetabek, KAI Commuter akan menyiagakan 4.500 orang lebih petugas yang terdiri dari petugas keamanan 3.603 orang (Pegawai Keselamatan dan Keamanan, PAM Stasiun PAM WALKA BKO Marinir), ditambah 24 personil dari Kepolisian Metrojaya, Lebak dan Bogor.

Selain itu, terdapat pula Passenger Service, Petugas Cleaning Service di stasiun dan kereta, serta akan dibantu juga petugas posko pegawai KAI Commuter.

Untuk mengatur perjalanan menggunakan commuter line, aplikasi C-Access dapat membantu para pengguna untuk mengecek jadwal perjalanan, posisi kereta secara real time, harga tiket, kepadatan stasiun, top up saldo Kartu Multi Trip (KMT) dan fitur-fitur lainnya yang memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi seputar commuter line dan stasiun.

KAI Commuter mengimbau kepada pengguna untuk menggunakan KMT, Kartu Bank (E-money, Flazz, Tap Cash, Brizzi, Jakcard) atau QR Code pada aplikasi Go Transit by Gojek, siapkan saldo minimum untuk setiap perjalanan menggunakan commuter line.

Baca Juga: KAI akan Mengoperasikan 924 KA Jarak Jauh pada Long Weekend Kali Ini

Fasilitas-fasilitas layanan lain di stasiun juga akan mewarnai Idul Fitri tahun ini, di antaranya fasilitas air minum gratis, pemasangan tenda di Stasiun Ancol, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Tangerang, Stasiun Rangkasbitung, Stasiun Serang. 

Terdapat pula pemasangan mihrab dan parket di musholla di sejumlah stasiun dan penambahan toilet portable serta tematik Idul Fitri 1445 H.

Pengguna commuter line juga saat ini dapat dengan mudah melakukan perjalanan menggunakan transportasi lanjutan, yang mana disejumlah stasiun sudah memiliki konektifitas dengan transportasi lain, seperti Stasiun Sudirman terintegrasi dengan MRT, LRT, Bus TransJakarta dan transportasi online lainnya, ada pula Stasiun Cawang, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Juanda, Stasiun Manggarai, Stasiun Gondangdia, dan sebagainya.

Sebagai informasi, pada tahun ini, masa posko Angkutan Lebaran 2024 dimulai pada 5 April dan akan berakhir pada 16 April 2024. Dari data yang dihimpun, KAI Commuter memprediksi jumlah pengguna Commuter line Jabodetabek akan mencapai 16,4 juta orang, naik sebesar 4 persen dari 2023 yakni sebanyak 15,7 juta orang. Dengan memperkirakan puncak pengguna pada masa libur Lebaran kali ini pada 14 April, di angka 791.246 orang.

Baca Juga: Bolehkah Membatalkan Puasa di KAI Commuterline? Cek Aturan Terbarunya

"Dari angka tersebut, pengguna didominasi oleh pengguna musiman yang akan bersilaturahmi ke sanak saudara ataupun handaitaulan dan berkunjung ke tempat wisata dan pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan stasiun-stasiun Commuter Line Jabodetabek," imbuh Anne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×