Reporter: Shintia Rahma Islamiati | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahun 2025 diwarnai dengan memanasnya kembali perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Ketegangan perdagangan dua raksasa ekonomi dunia tersebut tak hanya mengguncang rantai pasok global, tetapi juga membawa dampak langsung bagi dunia usaha di Indonesia.
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Shinta W. Kamdani, menilai bahwa kondisi ini memiliki efek dua sisi bagi perekonomian nasional. Di satu sisi, perang dagang bisa menekan ekspor Indonesia, namun di sisi lain justru membuka peluang baru bagi produk dalam negeri untuk masuk ke pasar global yang tengah bergeser.
“Kalau kita lihat memang di satu sisi pengaruhnya ke ekspor kita tentu ada. Tapi di sisi lain, perang dagang ini juga banyak membuka peluang yang bisa kita manfaatkan. Tinggal bagaimana kesiapan Indonesia untuk mengambil pasar yang terdampak,” ujar Shinta saat ditemui di Jakarta, Kamis (16/10/2025).
Baca Juga: Urusan Pajak & Cukai Dipersulit? Lapor Langsung Ke Menkeu Purbaya di Nomor Ini
Menurutnya, ketegangan antara dua negara tersebut menyebabkan banyak perusahaan global mencari alternatif sumber produksi dan mitra dagang baru di kawasan Asia Tenggara. Kondisi ini bisa dimanfaatkan Indonesia untuk memperluas kapasitas produksi dan menjangkau pasar baru yang sebelumnya dikuasai China.
“Dengan adanya perang dagang, negara-negara lain terdampak, dan dari situ kita bisa membuka peluang produksi serta ekspor baru. Jadi sebenarnya banyak peluang, asalkan kita siap,” jelasnya.
Namun demikian, Shinta mengingatkan agar Indonesia tidak lengah terhadap potensi banjir produk impor murah, terutama dari China, yang gagal menembus pasar Amerika Serikat akibat kenaikan tarif.
“Kalau produk-produk Tiongkok tidak bisa diekspor ke Amerika karena tarif tinggi, bisa jadi pasar Indonesia terdampak oleh masuknya produk-produk murah. Jadi kita harus hati-hati. Mekanisme safeguard dan anti-dumping harus dijalankan,” tegasnya.
Ia menekankan bahwa proteksi perdagangan nasional perlu diperkuat agar Indonesia tidak sekadar menjadi pasar bagi limpahan produk dari negara lain. Sebaliknya, situasi perang dagang ini semestinya dimanfaatkan untuk memperluas ekspor dan memperkuat basis industri dalam negeri.
“Jangan sampai kita justru jadi pasar. Ini momentum bagi Indonesia untuk mengambil peluang, sementara Amerika dan negara lain membuka ruang baru bagi produk kita,” tutup Shinta.
Baca Juga: Produksi Batubara PTBA Naik 9% pada Kuartal 3-2025, Cek Rekomendasi Sahamnya
Selanjutnya: Urusan Pajak & Cukai Dipersulit? Lapor Langsung Ke Menkeu Purbaya di Nomor Ini
Menarik Dibaca: 8 Zodiak yang Paling Lucu dan Suka Bercanda, Gemini Termasuk
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News