kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.910.000   -13.000   -0,68%
  • USD/IDR 16.309   -31,00   -0,19%
  • IDX 7.190   23,13   0,32%
  • KOMPAS100 1.048   2,47   0,24%
  • LQ45 816   0,81   0,10%
  • ISSI 225   0,91   0,41%
  • IDX30 426   -0,28   -0,07%
  • IDXHIDIV20 504   -0,40   -0,08%
  • IDX80 118   0,05   0,05%
  • IDXV30 120   0,28   0,24%
  • IDXQ30 139   -0,28   -0,20%

APP pertahankan pangsa pasar kertas kerajinan


Kamis, 12 Mei 2016 / 15:15 WIB
APP pertahankan pangsa pasar kertas kerajinan


Reporter: Issa Almawadi | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berharap produk Color Corrugated Paper (Kokoru) mampu mempertahankan pangsa pasarnya pada tahun ini. Produk kertas untuk kerajinan itu juga punya pangsa melonjak 50% di tahun 2015.

Kokoru merupakan produk pabrikan APP melalui Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang yang didistribusikan oleh unit bisnisnya, PT PT Cakrawala Mega Indah (CMI). 

"Kokoru adalah kertas gelombang berwarna pertama yang ada di Indonesia. Produk ini kami luncurkan, salah satunya untuk membantu proses tumbuh kembang anak-anak Indonesia dengan merangsang motorik dan otak kanan mereka, sehingga kreativitas anak-anak yang menggunakannya ikut terstimulus," ungkap Direktur CMI Lina Lim dalam keterangannya, Kamis (12/5).

Sejak pertama diluncurkan, Lina mengaku, pangsa pasar Kokoru terus berkembang, bahkan pada tahun 2014 ke 2015 melonjak hingga 50%, dan diharapkan tahun 2016 terjadi peningkatan yang sama. 

Untuk distribusi di Indonesia, Kokoru telah hadir dikota-kota besar, di jual di toko buku dan berbagai outlet modern serta tradisional. Sedangkan di pasar internasional, Kokoru dapat ditemui di 20 negara yang ada di Asia Pasifik.

"Kokoru di produksi oleh pabrik APP, Indah Kiat Pulp & Paper Tangerang, dengan menggunakan 2 lembar kertas berwarna yang salah satunya dibuat bergelombang melalui proses produksi, kemudian direkatkan bersama lalu dipotong menjadi ukuran A4, dan ada yang dipotong memanjang (1,3 x 50 cm)," terang Lina.

Kokoru yang diluncurkan di pasar Indonesia sejak tahun 2010 memberikan altenatif kepada masyarakat dengan menyediakan produk untuk berkreasi dan menyalurkan kreativitas. "Jika sebelumnya masyarakat, utamanya anak-anak hanya mengenal kertas lipat atau origami, APP menyediakan produk alternatif yang lain," terang Lina.

Lina menegaskan, target utama Kokoru adalah anak-anak usia Taman Kanak - Kanak dan Sekolah Dasar. Namun dia juga menerangkan, produk ini tidak menutup kemungkinan menyasar pula konsumen yang lebih dewasa.

Asal tahu saja, Kokoru berbentuk kertas bergelombang warna-warni dan dapat digunakan untuk membuat objek 3 dimensi dan 2 dimensi dengan cara menggunting dan menggulung (teknik quilling). 

Quilling atau paper filigree adalah bentuk seni kerajinan menggunakan kertas dengan cara menggulungnya, dibentuk dan di lem bersama-sama untuk menciptakan berbagai kreasi design.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×