Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak usaha Astra International yang bergerak di bidang perdagangan peralatan kantor, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) atau Astragraphia siap mengalap berkah hajatan Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun depan untuk meningkatkan pertumbuhan kinerja.
Chief of Business Strategy & Development and Corporat Communications ASGOR Satryo Dewandono mengatakan, berkaca dari Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 dan 2019, pesta demokrasi memicu pertumbuhan ekonomi.
Ia menjelaskan, permintaan produk pencetakan juga menjadi lebih besar dari permintaan reguler sehingga akan berdampak pada peningkatan volume cetak pada segmen graphic art.
Baca Juga: Pendapatan dan Laba Tumbuh di Semester I-2023, Ini Kata Astra Graphia (ASGR)
"Selain itu, adopsi teknologi digital turut mendukung efektivitas dan efisiensi pemilu. Hal-hal tersebut dapat menjadi peluang bagi pelaku industri di bidang percetakan dan teknologi informasi," kata Satryo saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (25/9).
Satryo menerangkan, sebagai perusahaan yang berfokus di bidang printing dan digital, Astragraphia tetap bersikap waspada, responsif, antisipatif, dan fleksibel dalam menentukan segala langkah bisnis di setiap unit usaha. Astragraphia selalu berusaha untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dari tahun ke tahun.
"Kami selalu optimistis dan mengupayakan yang terbaik untuk pertumbuhan pendapatan melalui fundamental bisnis yang kuat dan secara efektif melakukan eksekusi inovasi bisnis," ungkap Satryo.
Untuk itu, Astragraphia telah menetapkan beberapa langkah-langkah inisiatif strategis yang akan dilakukan selama tahun buku 2023, antara lain, pertama, mengoptimalkan keuntungan melalui penguatan bisnis inti dan mempertahankan keunggulan operasional untuk menjaga kepemimpinan pasar.
Kedua, meningkatkan kualitas layanan dan daya saing di area printing dan digital untuk menjadi mitra pilihan pelanggan. Ketiga, mendorong pertumbuhan inisiatif baru melalui penambahan produk serta layanan printing dan digital yang sesuai dengan permintaan dan kondisi pasar.
Keempat, memperkuat kompetensi sumber daya manusia melalui peningkatan kemampuan (upskilling) dan pelatihan kemampuan baru (reskilling) untuk tetap relevan dengan kebutuhan bisnis.
Baca Juga: Dukung Industri Kreatif,Astragraphia Luncurkan Tiga Printer Produksi Berteknologi AI
Dan yang terakhir, memperkuat kontribusi sosial yang berfokus pada empat pilar yaitu kesehatan, pendidikan, lingkungan, dan kewirausahaan untuk pengembangan masyarakat yang berkelanjutan.
Sebagai tambahan informasi, ASGR telah menyerap capex di kuartal II-2023 adalah sebesar Rp 63 miliar, di mana sebagian besar capex akan digunakan untuk keperluan bisnis inti (Equipment for Hire “Mesin Fujifilm”) dan sisanya digunakan untuk keperluan internal perusahaan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News