kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Prospek Bisnis Data Center Astra Graphia (ASGR)


Senin, 12 Juni 2023 / 17:30 WIB
Begini Prospek Bisnis Data Center Astra Graphia (ASGR)
ILUSTRASI. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) turut memanfaatkan tren peningkatan kebutuhan data center ke dalam portofolio bisnisnya.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Graphia Tbk (ASGR) turut memanfaatkan tren peningkatan kebutuhan data center ke dalam portofolio bisnisnya. 

Pihaknya menyebut, bisnis data center yang dijalankan ASGR diperuntukan sebagai solusi pelengkap terhadap total solusi cloud yang ditawarkan oleh entitas anak, PT Astra Graphia Information Technology (AGIT). 

Chief of Business Strategy & Development and Corporate Communications Astra Graphia Satryo Dewandono menyebutkan bahwa secara kontribusi, memang pendapatan dari bisnis data center ASGR belum terlalu besar jika dibandingkan total pendapatan perusahaan. 

Baca Juga: Astra Graphia (ASGR) Serap Capex Rp 92 Miliar hingga April 2023

“Namun, secara positioning (strategic), data center yang kami miliki merupakan bagian untuk melengkapi solusi khususnya di bidang cloud services,” ungkap Satryo, kepada Kontan.co.id, belum lama ini. 

Dia menjelaskan, bisnis data center yang dijalankan ASGR merupakan data center komersial yang telah dibangun cukup lama untuk melengkapi solusi cloud services yang ditawarkan kepada pelanggan. 

ASGR lewat anak usahanya AGIT, membangun beberapa solusi yang dijalankan di dalam cloud services tersebut, baik di dalam data center maupun berkolaborasi cloud operator. 

“Dengan kombinasi ini, AGIT menyediakan cloud services tidak hanya terkait dengan infrastructure as services tapi juga platform as services dan software as services,” jelasnya. 

Saat ini Astra Graphia memiliki satu area khusus untuk layanan commercial data center dan untuk disaster recovery yang berada di Jakarta Selatan. Di mana AGIT sebagai operator, sudah memiliki beberapa pelanggan yang menggunakan layanan data center tersebut. 

 

Namun sayang, Satryo tak membeberkan lebih detail bagaimana rencana pengembangan bisnis data center ASGR untuk ke depannya. 

Dia hanya menyebutkan, pihaknya akan senantiasa mengikuti tren teknologi yang ada dengan melihat potensi dan analisis untuk melakukan ekspansi data center di masa yang akan datang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×