kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra Infra Tingkatkan Kesiapan Menyambut Arus Mudik Lebaran 1445 H


Senin, 25 Maret 2024 / 12:59 WIB
Astra Infra Tingkatkan Kesiapan Menyambut Arus Mudik Lebaran 1445 H
ILUSTRASI. Kendaraan melintas satu arah menuju Cikampek di Tol Cikopo-Palimanan, Jawa Barat, Kamis (27/4/2023). Pada arus balik Lebaran 2023, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri masih akan memperpanjang skema rekayasa lalu lintas satu arah di km 414 Tol Kalikangkung hingga km 72 Tol Cikampek hingga Kamis (27/4/2023) pukul 24.00 WIB. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/tom.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momen hari-hari besar seringkali disertai dengan peningkatan mobilitas masyarakat untuk berwisata maupun silaturahmi bersama keluarga.

Memasuki bulan Ramadan, Astra Infra terus melakukan berbagai upaya peningkatan layanan, khususnya dalam rangka persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 1445 H.

Upaya tersebut antara lain meliputi peningkatan kesiapan kondisi jalan, kesiapan rest area, serta kesiapan pengaturan lalu lintas. Astra Infra juga terus melakukan koordinasi dengan stakeholders terkait.

“Saat ini kami secara intensif terus melakukan persiapan dalam rangka mewujudkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman untuk masyarakat pada arus mudik lebaran tahun ini.” ujar Group Chief Operating Officer Astra Infra, Billy Perkasa Kadar dalam keterangan persnya, Minggu (24/3).

Baca Juga: Pelabuhan Merak ASDP Siap Layani Mudik 2024

Persiapan antara lain telah dilakukan Astra Infra Tollroad Cikopo – Palimanan yang melakukan koordinasi persiapan Lebaran 2024 melalui Rapat Tactical Floor Game (TFG) bersama Polda Jabar dan Polres Wilayah pada Rabu, 21 Februari 2024 untuk mendiskusikan penanganan rekayasa lalu lintas di berbagai titik di Ruas Tol Cipali.

Sedangkan dari sisi sarana dan prasarana, telah disiapkan 5.000 rubbercone untuk menunjang pelaksanaan rekayasa lalu lintas berupa one way maupun contra flow yang direncanakan sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) bersama Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, dan Direktur Jenderal Bina Marga yang nantinya akan dilakukan sesuai diskresi kepolisian.

Sementara itu di Astra Infra Tollroad Tangerang-Merak, dilakukan persiapan yang antara lain meliputi peningkatan layanan lalu lintas melalui manajemen trafik, penyiapan lajur-lajur utama arus ke Gerbang Tol Merak, Cilegon Timur, dan dukungan delaying system mengantisipasi kepadatan ke arah Pelabuhan Merak.

Baca Juga: Lelang Jalan Tol Kembali Dibuka Tahun 2024, META dan Astra Infra Bilang Begini

Selain itu, dilakukan juga dukungan pembatasan angkutan barang, penambahan toilet portable di rest area dan jalur, peningkatan kapasitas parkir di rest area KM 43 A, serta peningkatan penyebaran layanan informasi publik.

Persiapan juga dilakukan di Astra Infra Tollroad Jombang-Mojokerto, yang dilakukan dengan menyiapkan 12 mobile reader untuk mengurai kepadatan di gerbang tol.

Selain itu, untuk pengguna kendaraan listrik, telah disiapkan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik ultra fast charging secara gratis di rest area Teras Melati KM 695A.

Tidak hanya itu, dilakukan juga koordinasi dengan Ditlantas Polda Jatim untuk melakukan antisipasi lonjakan arus lalu lintas di beberapa titik rawan kepadatan.

Astra Infra turut mengimbau pengguna jalan yang menunaikan ibadah puasa untuk dapat tetap mengutamakan keselamatan dengan menjaga batas kecepatan dan beristirahat jika lelah, mengantuk, atau telah berkendara selama 4 jam berturut-turut.

Baca Juga: Astra Infra Terus Tingkatkan Layanan Jalan Tol Jelang Lebaran 2024

Pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga fasilitas dan beristirahat secukupnya di rest area. Jika rest area penuh, pengguna jalan juga dapat memanfaatkan tempat istirahat di luar jalan tol, untuk kemudian kembali masuk tanpa tambahan biaya.

Dalam kondisi cuaca hujan, pengguna jalan juga diimbau untuk menjaga batas kecepatan maksimal 70 km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×