kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Astra Otoparts produk ban Aspira di kuartal IV


Senin, 04 Maret 2013 / 10:32 WIB
Astra Otoparts produk ban Aspira di kuartal IV
ILUSTRASI. Ini 5 nutrisi yang diperlukan mata


Reporter: Cindy Silviana Sukma | Editor: Markus Sumartomjon

JAKARTA. Kerjasama pembangunan pabrik ban antara PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) dengan Pirelli Tires SpA, perusahaan ban asal Italia, mulai membuahkan hasil. Pabrik dari usaha patungan bernama PT Evoluzione Tyres pada kuartal IV tahun ini segera menggelindingkan produk perdananya.

Selain memproduksi ban merek Pirelli, menurut Robby Sani, Direktur Astra Otoparts,  pabrik ban ini juga akan memproduksi ban sepeda motor merek Aspira. "Dengan adanya pabrik ini, kami ingin menjual lebih banyak ban Aspira di pasar domestik," katanya ke KONTAN, kemarin.

Sayang, Robby enggan membeberkan prediksi pangsa pasar yang akan disasar Aspira. Ia beralasan, selama ini Astra Otoparts tidak mempunyai penghitungan pangsa pasar.

Sejauh ini, Astra Otoparts menjual ban Aspira dengan mengandalkan ban produksi pabrik lain. Artinya, Astra Otoparts memesan secara khusus ban yang kemudian diberi merek Aspira kepada pihak ketiga.

Menurut Robby, bila Aspira diproduksi Evoluzione Tyres, akan punya kualitas lebih baik. "Kualitas ban Aspira yang diproduksi di pabrik baru akan lebih baik," tegasnya.

Nantinya, pabrik ban ini punya kapasitas sekitar dua juta unit per tahun. Dari total kapasitas tersebut, sekitar 40% atau sekitar 800.000 unit per tahun akan dialokasikan untuk memproduksi Aspira. Selebihnya, yakni sebesar 1,2 juta unit ban untuk memproduksi ban merek Pirelli.

Kapasitas pabrik ban ini akan digenjot terus secara bertahap. Robby berharap pada 2016 nanti, kapasitas produksi Evoluzione Tyres akan mencapai tujuh juta unit per tahun. "Untuk Pirelli, selain dipasarkan di pasar domestik, sebagian besar akan diekspor," paparnya.

Pabrik yang berlokasi di Subang, Jawa Barat, ini bakal menempati lahan seluas 40 hektare. Dan baru dibangun awal 2013 ini.

Kedua perusahaan ini sudah mengucurkan dana hingga US$ 120 juta untuk membangun pabrik ban tersebut.  Meski produksi awal hanya untuk ban motor, Robby tak menepis suatu saat nanti akan memproduksi ban mobil. "itu sudah kami perhitungkan," jelasnya.

Hingga kini, Astra Otoparts memiliki 34 anak perusahaan dan cucu perusahaan. Lini bisnis Astra Otoparts sudah memasok beragam komponen otomotif roda empat dan dua ke pabrikan otomotif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×