Reporter: Dimas Andi | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Avia Avian Tbk (AVIA), pemimpin pasar cat dekoratif nasional, mengumumkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk kinerja tahun penuh 2024. Perusahaan ini membukukan penjualan konsolidasi sebesar Rp 7,5 triliun, atau meningkat 6,5% year on year (yoy) dibandingkan tahun sebelumnya. Pada periode yang sama, volume penjualan perusahaan juga tumbuh 5% secara yoy.
Pertumbuhan ini didukung oleh kinerja solid pada kuartal IV-2024, di mana total penjualan konsolidasi mencatat kenaikan double-digit sebesar 11,5%, sementara volume penjualan meningkat 8,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain pertumbuhan penjualan, AVIA juga mempertahankan profitabilitas yang sehat sepanjang 2024, dengan marjin laba kotor sebesar 44,7%, marjin EBITDA 27,2%, dan marjin laba bersih 22,3%.
Bagi AVIA, tahun 2024 diwarnai berbagai tantangan ekonomi di mana banyak bisnis menghadapi tekanan akibat lesunya konsumsi masyarakat. Gejolak ekonomi nasional juga diperburuk oleh berbagai isu sosial yang turut memperlemah daya beli.
Namun demikian, AVIA melalui Avian Brands melihat peluang di tengah tantangan ini dan terus berinvestasi dalam inisiatif strategisnya, yakni berfokus pada upaya memenangkan pangsa pasar meskipun kondisi pasar tetap menantang.
Baca Juga: Avia Avian (AVIA) Mengecat Peluang dari Program 3 Juta Rumah
“Capaian AVIA pada tahun 2024 didorong oleh dedikasi dan ketangguhan tim Avian Brands dalam mengeksekusi berbagai strategi pengembangan bisnis yang difokuskan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan,” ungkap Manajemen AVIA dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (27/2).
Avian Brands meluncurkan 14 produk baru pada 2024, di mana 5 di antaranya telah mendapatkan sertifikasi Green Label Singapore. Hal ini menegaskan komitmen perusahaan untuk menghadirkan inovasi produk yang tidak hanya unggul, tetapi juga ramah lingkungan. Tim riset, pengembangan, dan inovasi bekerja secara proaktif dalam merespons dinamika pasar yang terus berkembang.
Pengembangan produk baru ini didukung oleh perluasan pusat distribusi yang konsisten, memperkuat penetrasi pasar di berbagai wilayah. Selain itu, dengan budaya kerja yang mengutamakan perbaikan berkelanjutan, Avian Brands terus mengoptimalkan logistiknya untuk memastikan layanan pelanggan terbaik dengan tingkat efisiensi operasional yang maksimal.
Baca Juga: Jelang Lebaran, Avia Avian (AVIA) Mulai Jaga Utilisasi Produksi
Sebagai informasi, sampai dengan akhir tahun 2024, Avian Brands mengoperasikan 124 pusat distribusi yang dimiliki sendiri dan 15 pusat distribusi mini, serta didukung dengan 38 pusat distribusi pihak ketiga.
Selama tahun 2024, Avian Brands melayani sebanyak 58.600 toko bangunan di seluruh Indonesia. Jumlah ini meningkat sebanyak 1.722 dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang tercatat sebanyak 56.878 toko bangunan.
Avian Brands secara konsisten menjaga dan memperkuat hubungan dengan pelanggan, dengan terus berupaya menjadi mitra yang andal dan terpercaya bagi mereka. “Sebagai pemimpin pasar cat dekoratif nasional, pelanggan merupakan bagian tak terpisahkan dari perjalanan dan kesuksesan perusahaan,” tandas Manajemen AVIA.
Baca Juga: Rilis 14 Produk Baru, Avia Avian (AVIA) Sukses Kerek Kinerja
Selanjutnya: Bitcoin Longsor di Bawah US$85.000! Panik atau Peluang Emas untuk Trader?
Menarik Dibaca: Shopee Big Ramadan Sale Dorong Penjualan Produk UMKM
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News