kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Awal 2014, Bandara Halim dibuka untuk komersial


Senin, 18 November 2013 / 17:30 WIB
Awal 2014, Bandara Halim dibuka untuk komersial
ILUSTRASI. Petugas kebersihan melintasi layar digital pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (24/6/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Wacana menjadikan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, sebagai penyangga Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, yang sudah sangat padat segera direalisasikan.

Bila tidak ada aral melintang, pada bulan Januari 2014 mendatang, Bandara Halim akan resmi dibuka untuk penerbangan komersial.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan dibukanya Bandara Halim untuk penerbangan komersial merupakan solusi mengatasi padatnya penerbangan di Bandara Soetta di Tangerang.

Meskipun saat ini, pemerintah terus mengembangkan Teriminal 3 Bandara Soetta yang juga ditargetkan selesai pada tahun depan, Bandara Halim tetap dibutuhkan sebagai penyangga.

"Nantinya, pemerintah akan memindahkan penerbangan tujuan tertentu ke Bandara Halim Perdanakusuma. Jadi kemungkinan Bandara Halim akan dibuka untuk pesawat komersial pada awal Januari 2014 mendatang," tutur Mangindaan, Senin (18/11).

Dengan dibukanya penerbangan komersial di Bandara Halim, maka kesibukan penerbangan di Bandara Soetta diharapkan bisa berkurang.

Bila Halim dibuka untuk komersial, maka jumlah penerbangan komersial pada tahap awal akan mencakup tiga penerbangan per jam. Namun diharapkan jumlah penerbangan itu dapat terus bertambah hingga mencapai lima atau enam penerbangan pesawat reguler setiap jamnya.

Saat ini sudah ada sejulah maspakai penerbangan yang tertarik dan mengakukan membuka rute penerbangan dari Halim. Maskapai tersebut antara lain, Garuda Indonesia, Citilink, Mandala, Batik Air, Lion Air, dan Air Asia.

Kendati demikian, Mangindaan bilang, ia terlebih dahulu akan membicarakan rencana tersebut dengan berbagai pihak. Secara khusus untuk melakukan pengkajian atas berbagai tawaran ketertarikan sejumlah maskapai tersebut sebelum memutuskan lebih lanjut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×