kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Axiata dan Sinar Mas Sepakat Melakukan Merger Smartfren dan XL Axiata


Kamis, 16 Mei 2024 / 05:45 WIB
Axiata dan Sinar Mas Sepakat Melakukan Merger Smartfren dan XL Axiata
ILUSTRASI. Pekerja memainkan gawai saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) XL Axiata di Jakarta, Jumat (3/5/2024). Axiata dan Sinar Mas Sepakat Melakukan Merger Smartfren dan XL Axiata


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana penggabungan usaha alias merger PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) kian terang benderang. Pasalnya, para pengendali kedua entitas itu telah melakukan penandatangan nota kesepahaman. 

Para pemegang saham dan pengendali Smartfren, yakni PT Wahana Inti Nusantara, PT Global Nusa Data dan PT Bali Media Telekomunikasi dengan Axiata Group Berhad menandatangani nota kesepahaman pada Rabu, 15 Mei 2024. 

Sekretaris Perusahaan Smartfren Telecom James Wewengkang menjelaskan nota kesepahaman sehubungan dengan rencana merger operasi FREN dengan XL Axiata selaku anak usaha Axiata dan bersifat tidak mengikat. 

Baca Juga: Sah! Axiata dan Sinar Mas Sepakat Merger Smartfren (FREN) dan XL Axiata (EXCL)

"Konsolidasi bisnis tersebut diyakini akan memberikan manfaat bagi Indonesia, sektor telekomunikasi dan para pemangku kepentingan dengan lebih efektif," jelasnya dalam keterbukaan informasi, Rabu (15/5). 

James bilang rencana transaksi tersebut masih dalam tahap awal. Entitas gabungan antara Smartfren dan XL Axiata akan dikendalikan bersama dengan syarat tata kelola yang akan didiskusikan dan dirinci lebih lanjut. 

 

Harapannya, entitas gabungan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman pelanggan yang unggul dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham dan para pemangku kepentingan lainnya melalui sinergi. 

Baca Juga: Sinar Mas Finalisasi Merger Smartfren dengan XL

"Para Pemegang Saham dan Pengendali Smartfren bersama-sama dengan Axiata akan melakukan pengumuman lebih lanjut pada saat dan waktu yang tepat," kata James. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×