kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Axton Salim berbagi tips bisnis dan melihat peluang saat pandemi corona


Jumat, 17 April 2020 / 23:46 WIB
Axton Salim berbagi tips bisnis dan melihat peluang saat pandemi corona
ILUSTRASI. Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Axton Salim di Jakarta (6/12/2017).


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA.  Berbeda dengan kakek (Sudono Salim) dan ayahnya Anthony Salim yang lebih cenderung cool di publik, Axton Salim yang juga direktur Indofood lebih nampak ramah ke publik.

Selain acap menyapa pengikutnya di jejaring media sosial, Axton juga acap berkolabori dengan para selebiritis Tanah Air.

Yang terbaru dengan presenter Daniel Mananta. 

Live di jejaring sosial instragram milik presenter dan pemilik sejumlah bisnis Daniel Mananta  bertajuk Adapting Your Business with Axton Salim, cucu taipan Sudono Salim alias Om Liem  ini  berbagi kiat bisnis dan melihat peluang  saat pandemi corona atau Covid-19.

Menurut Axton, semua sektor bisnis kena efek corona, namun semua pihak harus berusaha agar tetap bisa bertahan dengan caranya masing-masing, tergantung jenis binis.

“Jika bicara Indofood, kami tetap maintain. Ini tanggungjawab, pabrik kami bisa produksi, tetap buka. Tentu kami pastikan safety karyawan,” ujar Axton, Jumat (17/4).  

Lebih lanjut, saat pandemic corona seperti sekarang menimbulkan ketidakpastian atau uncertainty. Tapi, “Kita must bertahan dan survive,” ujar dia.

Dalam kondisi seperti sekarang, kata Axton, pebisnis memang harus melakukan sesuatu yang berbeda. “Harus do different, lebih focus ke spending yang benar-benar kita tahu akan menghasilkan, serta harus megerti resiko bisnis masing-masing,” ujar Axton menjawab pertanyaan Daniel atas apa yang harus dilakukan saat ini.

Yang juga penting, kata Axton, adalah pebisnis harus tahu persis pasar atas produknya. “Bagi saya, small nice market lebih penting, ketimbang elo jeder gede tapi tak tahu pasar,” ujar Axton.

Untuk itu, dalam bisnis harus dimulai dengan memahami pasar yang kita tuju.

Axton memprediksi, pandemi corona bisa memunculkan peluang baru. Pasalnya, pandemic corona telah mengubah gaya hidup orang, seperti ,enjadi lebih bersih dan lebih bergaya hidup sehat.

“Bisnis masker dan hand sanitizer, maybe. It’s becoming  habits, will stay, ” ujar dia dengan derai tawa.  Menurutnya, bukan sekadar temporer, pandemi corona akan memunculkan habit baru bagi semua orang di seluruh dunia.  

Menurut dia, bisnis makanan juga bisa menjadi peluang. Bukan sekadar makanan sehat, makana vegetarian. “But orang akan concern dengan balance food,” ujar dia.

Untuk mendapatkan balance food, kata Axton, konsumen akan lebih concern dengan kandungan kalori yang dikonsumsi.

Dalam kondisi saat ini, memang uang kontan alias cash adalah penting. Pebisnis harus menyediakan tambalan dana untuk bertahan dan survive. “Besaran tentu sangat tergantung dengan bisnis masing-masing," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×