kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Balutan Teknologi Premium Untuk Kulkas Premium Hitachi


Senin, 12 Januari 2009 / 07:18 WIB


Reporter: Aprillia Ika |

JAKARTA. Menurut data Electronic Marketer Club (EMC), pasar kulkas side by side hanya sekitar 1000 unit saban bulan. Pasar sekecil itu diperebutkan beberapa pabrikan elektronik yang kebanyakan berasal dari Negeri Ginseng.

Rata-rata menawarkan teknologi paling mutakhir dalam produk side by side-nya. Misalkan saja pabrikan elektronik terkemuka Hitachi. Bulan Desember lalu, Hitachi merilis kulkas side by side pertamanya di Indonesia. Kulkas ini disebut sebagai kulkas Jepang pertama yang menerapkan konsep side by side.

Keunggulan kulkas berkapasitas 701 liter ini adalah pada teknologi Minus Zero Cooling. Teknologi tersebut membuat udara dingin lebih merata ke semua sudut kulkas. Bahkan untuk kompartemen sayuran, bisa diatur kelembapannya sampai 90%, sehingga sayuran tetap segar walau disimpan dalam waktu lama.

Untuk menjaga energi yang dipakai, kulkas ini memakai kompresor paralel aero dinamis. Dengan kompresor ini, proses pembuatan es batu jadi lebih cepat dari kulkas side by side lainnya. Es batu kulkas ini sendiri terbuat dari air mineral yang disimpan dalam dispenser kulkas.

"Kalau kulkas lain perlu waktu 170 menit untuk membuat es batu, kita hanya perlu waktu 80 menit saja," ujar Marketing Manager PT Hitachi Modern Sales Indonesia, Zakaria Suwandi.

Untuk mengoptimalkan pembuatan es batu, pengguna kulkas ini cukup menekan tombol Quick Freezer. Maka kulkas ini akan menyedot daya sampai 230 watt untuk membuat es batu dalam waktu 80 menit. Setelah itu, kulkas akan berfungsi normal dengan daya 190 watt saja.

Jika ingin membuat es serut, es batu yang tersimpan akan dipotong oleh suatu alat di dalam lemari es tersebut menjadi bentuk serpihan kecil. Alat pemotong es tersebut berdurasi sampai 31.000 kali pemakaian atau sampai 10 tahun pemakaian dengan asumsi pemakaian sekitar delapan kali sehari.

Orang Jepang memang sangat suka mengkonsumsi es serut. Tak heran jika Hitachi menanamkan teknologi pembuatan es serut dalam kulkas premiumnya ini.

Berbeda dengan kulkas side by side lainnya, pengguna kulkas tidak bakal direpotkan oleh air buangan es di belakang kulkas. Lantaran kulkas ini sudah dilengkapi dengan blower pengering yang mampu mengeringkan air buangan secara otomatis.

Dengan berbagai keunggulan teknologi yang dipasangnya, kulkas ini digadang mampu menembus dominasi kulkas Korea yang sudah lebih dulu mendapat tempat di hati masyarakat. Untuk itu, pihak Hitachi sudah bersiap dengan memberikan tiga pilihan warna. Yaitu hitam, putih mutiara dan silver.

"Target kami, tahun 2009 nanti kulkas ini akan menembus 20% pangsa pasar," ujar Suwandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×