kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45941,14   4,65   0.50%
  • EMAS1.029.000 0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Batik Air mengalami kerugian pasca rute penerbangan dari dan ke China ditutup


Kamis, 06 Februari 2020 / 23:06 WIB
Batik Air mengalami kerugian pasca rute penerbangan dari dan ke China ditutup
CEO Batik Air, Capt Achmad Luthfie di Bandara Soekarno- Hatta, Tangerang pada Kamis (06/7).


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - TANGERANG. Batik Air mengaku alami kerugian pasca pemerintah menghentikan sementara layanan penerbangan dari dan menuju China yang mulai diberlakukan pada (05/2) hingga waktu yang akan ditentukan lebih lanjut sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

"Ya kami rugi, Tapi belum kami hitung untuk total kerugiannya, karena di stop nya kan mendadak," ujar CEO Batik Air, Kapten Achmad Luthfie di Bandara Internasional Soekarno Hatta, pada Kamis (6/2).

Baca Juga: Pesawat baru datang, Batik Air akan kembangkan rute ke Indonesia Timur

Menurutnya, bila dalam keadaan normal, ada lima pesawat yang dioperasionalkan terbang dari dan menuju ke China. Menurutnya, ada lima kota di China yang dihentikan dulu penerbangannya dengan macam-macam frekuensi setiap minggu. "Kita ada penerbangan yang daily ada yang hanya beberapa hari sekali," paparnya.

Meski begitu, Luthfie mengaku pesawat yang dioperasikan ke China langsung dikandangkan untuk kepentingan perawatan atau maintenance. "Untuk biaya perawatan kami jalan terus, tapi biaya belum saya hitung. Karena di stop nya kan mendadak. Pokoknya pesawatnya ada di hanggar terus dibersihkan pesawatnya," kata Lutfie.

Selain itu, Batik Air juga mengurangi frekuensi perjalanannya ke Thailand. Kebijakan tersebut diambil untuk mengantisipasi masuknya virus 2019-nCoV atau virus corona yang saat ini sudah mewabah ke-25 negara. "Kami kurangi penerbangannya dari daily jadi hanya tiga kali saja seminggu," ujarnya.

Baca Juga: Bandara Soekarno-Hatta resmi tutup rute penerbangan dari dan ke China

Batik Air juga tidak melakukan tambah slot atau pengalihan ke rute lain di luar negeri. Sebab, menurut Luthfie butuh waktu lagi untuk mengajukan persyaratan, perijinan lainnya untuk memasukan rute baru.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×