kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,22   -1,36   -0.14%
  • EMAS999.000 1,52%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Bawa Olimpiade Beijing 2022 Lebih Dekat, Alibaba Group Luncurkan Teknologi Cloud ME


Senin, 07 Februari 2022 / 20:08 WIB
Bawa Olimpiade Beijing 2022 Lebih Dekat, Alibaba Group Luncurkan Teknologi Cloud ME
ILUSTRASI. Hologram Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Ketua dan CEO Alibaba Group Daniel Zhang muncul pada acara demo teknologi Cloud ME Alibaba, di Beijing, China, Minggu (6/2/2022). REUTERS/Florence Lo/WSJ/djo


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dengan misi untuk mendekatkan penonton di ajang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di tengah pembatasan Covid-19 dan jarak geografis antarnegara, Alibaba Cloud memperkenalkan teknologi berbasis cloud miliknya bernama “Cloud ME” yang mendukung solusi real-time communication (RTC).

“Cloud ME” memfasilitasi interaksi sosial bagi orang-orang yang ingin merasakan pengalaman langsung yang bonafid selama Olimpiade Musim Dingin, memungkinkan mereka untuk bertemu dan menikmati percakapan secara langsung satu sama lain melalui proyeksi interaksi langsung yang nyata.

Saat melangkahkan kaki di studio pop-up pada booth “Cloud ME”, gambaran  seluruh tubuh partisipan akan diproyeksikan secara nyata  ke salah satu remote booth, dimana persona tubuh partisipan akan ditampilkan kembali untuk bertemu dan menyapa proyeksi partisipan lainnya.

Pertemuan secara “nyata” ini terbuka untuk berbagai partisipan dari banyak lokasi  berkat pemasangan fungsi proyeksi jarak jauh yang mudah.

Baca Juga: Tekan Alibaba, Tencent dan Raksasa Lain, Pemerintah China Mengelus elus Startup Lokal

“Alibaba berkomitmen untuk mendigitalisasi Olimpiade dengan menghadirkan infrastruktur teknologi yang dapat memberikan pengalaman lebih inklusif dan saling terhubung,” tegas Daniel Zhang Chairman and CEO of Alibaba Group dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Senin (7/2).

Dirinya berharap dapat menyatukan atlet dan penggemar di seluruh dunia melalui teknologi cloud yang dimiliki dan menyebarkan semangat Olimpiade untuk menginspirasi masyarakat selagi merayakan pesta olahraga.

“Bersama dengan Alibaba, kami mencetak sejarah di Beijing. Untuk pertama kalinya, seluruh sistem utama yang diperlukan untuk menayangkan pertandingan Olimpiade Musim Dingin ini dilakukan di Alibaba Cloud. Baik itu mendukung toko online Olimpiade di Tiongkok, OBS Cloud, atau teknologi untuk mendukung berbagai media dari seluruh dunia di Beijing, Teknologi Alibaba Cloud menetapkan standar baru serta meningkatkan standar yang ada ke level yang lebih tinggi,” kata Thomas Bach, President of the International Olympic Committee (IOC).

Booth “Cloud ME” sangat mudah untuk disiapkan.  Selain dari perlengkapan studio pada umumnya – seperti kamera video dan perangkat komputer untuk merekam footage gambar, persiapan “Cloud ME”  tidak memerlukan infrastruktur TI tambahan ataupun bandwidth jaringan internet yang dioptimasi khusus untuk melakukan perekaman dan transmisi data proyeksi – semua memungkinkan berkat kecanggihan cloud computing.

Video dan audio yang dihasilkan di booth “Cloud ME” akan ditransmisikan ke sistem Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group. Solusi sistem RTC yang telah terbukti andal didukung oleh kemampuan cloud computing mutakhir milik Alibaba dan jangkauan jaringan global yang luas.

Didukung dengan latensi rendah, serta fitur ketersediaan tinggi dan konkurensi tinggi dari Alibaba Cloud, proses ini dapat selesai dalam waktu 200 milidetik.

Rekaman live dapat langsung diproyeksikan dalam jarak jauh pada layar beresolusi tinggi 4K, menghasilkan efek hologram yang nyata, dan setiap detail direkonstruksikan dalam resolusi tinggi– termasuk ekspresi wajah secara mikro dan tekstur pakaian – yang berperan penting dalam interaksi secara langsung.

Baca Juga: Terkait Keamanan Nasional Amerika, Washington Sedang Meninjau Bisnis Alibaba Cloud

“Solusi komunikasi secara real-time yang didukung oleh teknologi cloud ini berperan penting dalam membantu dunia terhubung secara efektif. Dengan memanfaatkan jaringan cloud global dan algoritma asli milik kami, kami  ingin menghadirkan kecanggihan dan memberikan manfaat komunikasi real-time dalam skenario sehari-hari seperti pembelajaran jarak jauh, hiburan interaktif, video konferensi, dan layanan lainnya yang dibutuhkan perusahaan,” sebut Lijuan Chen, General Manager of Product and Solution, Alibaba Cloud Intelligence.

Booth Alibaba “Cloud ME” ini tersedia baik di area sistem manajemen closed-loop Beijing 2022 maupun yang ada di luar untuk para peserta Olimpiade Musim Dingin agar turut merasakan pengalaman interaksi sosial yang menarik di realitas gabungan ini.

"Cloud ME” pertama kalinya beroperasi di Beijing 2022 untuk memfasilitasi rapat jarak jauh antara Zhang dan Bach pada 6 Februari 2022, karena tidak dapat bertemu secara langsung akibat aturan pembatasan Covid-19 di China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×