kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Beban avtur Sriwijaya Air naik hingga 39%


Jumat, 12 Oktober 2018 / 17:48 WIB
Beban avtur Sriwijaya Air naik hingga 39%
ILUSTRASI. Maskapai Sriwijaya Air


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maskapai penerbangan Sriwijaya Air terpaksa bertahan ditengah tekanan biaya yang semakin besar. Selain pelemahan rupiah, industri penerbangan juga harus menghadapi naiknya harga bahan bakar avtur.

Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air, Retri Maya mengatakan per Juli 2018 saja, rata-rata biaya perusahaan untuk avtur telah naik 39%. "Itu jika dibandingkan dengan Juli 2017 lalu ya," katanya kepada Kontan.co.id, Jumat (12/10).

Ia membeberkan pada Juli 2017 lalu, harga avtur masih berada di Rp 7.508 per liter. Sementara pada Juli 2018 harga avtur telah mencapai Rp 10.138 per liter. Akibatnya, perusahaan harus terus melakukan efisiensi. Sebab bukan hanya soal avtur, kondisi nilai tukar rupiah terhadap dolar juga kerap melemah.

Maklum, industri maskapai masih bergantung pada biaya-biaya yang harus dikeluarkan dalam bentuk dolar. "Kita lakukan efisiensi biaya tapi untuk hal yang berhubungan dengan maintenance pesawat dan safety tetap biayanya tidak dikurangi," jelasnya.

Salah satu strategi yang dilakukan Sriwijaya adalah dengan meningkatkan on time performance (OTP). Saat ini OTP Sriwijaya Air berada di angka atas 80%. Untuk Nam Air bahkan lebih baik lagi yakni hampir mencapai 90%.

Bagi Retri, OTP merupakan faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan penumpang pada Sriwijaya Air. Di sisi lain, Sriwijaya Air juga berharap usulan INACA untuk meningkatkan tarif batas bawah (TBB) yang sebelumnya sebesar 30% dari tarif batas atas (TBA) menjadi 35%.

Sekedar informasi sebelumnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berencana menaikkan TBB menjadi 35%. Namun hingga saat ini, rencana itu belum ketuk palu. Saat ini, besaran TBB masih 30% dari TBA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×