kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini antisipasi Pertamina menyambut libur panjang tahun baru Hijriah


Kamis, 20 Agustus 2020 / 13:49 WIB
Begini antisipasi Pertamina menyambut libur panjang tahun baru Hijriah
ILUSTRASI. Pertamina. KONTAN/Baihaki/14/1/2020


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menyambut libur panjang dan cuti bersama Tahun Baru Islam 1442 H, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III memastikan kesiapan BBM dan LPG cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Pertamina pun telah menyiapkan Mobile Tangki Storage dan armada Pertamina Delivery Service (PDS) di beberapa titik untuk memastikan kelancaran pasokan BBM di masa libur panjang yang berlangsung pada 20—23 Agustus 2020.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan menyampaikan, pihaknya telah melakukan antisipasi terhadap peningkatan mobilisasi masyarakat yang akan memanfaatkan momen libur panjang.

“Hal itu juga sejalan dengan estimasi Kakorlantas Polri di mana kondisi lalu lintas dari Jakarta dan sekitarnya menuju Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung diperkirakan meningkat sejak Rabu malam,” ungkap dia dalam siaran pers di situs Pertamina, Kamis (20/8).

Baca Juga: Pertamina akan resmikan 22 Pertashop di Banten, ini daftar nama desanya

Dia menambahkan, Pertamina telah menyiapkan sejumlah layanan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas. Salah satunya melalui pemenuhan stok BBM di SPBU, terutama di SPBU yang berada di jalan tol serta penambahan sarana seperti mobil kantong BBM (mobile storage) dan armada motor Pertamina Delivery Service (motorist).

Sebagai contoh, di SPBU 3316701 yang terletak di Jalan Raya Puncak KM 73,6, Cisarua, Jawa Barat, akan disiapkan mobile storage untuk bersiaga di kawasan Puncak. “Mobile storage merupakan mobil tangki berisi BBM yang bersiaga di SPBU. Tujuannya untuk mempercepat proses pengisian ke SPBU sehingga stok BBM untuk konsumen terjaga,” imbuh dia.

Lebih lanjut, Pertamina juga telah menyiapkan fasilitas tambahan di sepanjang ruas tol Jakarta–Cikampek dan Cikampek–Cirebon, yaitu mobile storage di KM 57A, KM 62B, dan KM 101B. Ada pula armada motor Pertamina Delivery Service di KM 75A dan KM 62B.

Sementara pada ruas tol Jakarta–Cikampek–Cirebon tersebut, telah tersedia SPBU di sejumlah Rest Area seperti KM 19, KM 39 dan KM 57. SPBU juga tersedia di Rest Area KM 102, KM 166, KM 207, serta KM 228.

Baca Juga: Perhatian! Perusahaan BUMN kini dilarang bangun pembangkit listrik sendiri

Sebelumnya, pada momen akhir pekan lalu yang juga merupakan libur panjang menyambut HUT RI, konsumsi semua produk BBM Pertamina yakni Gasoline dan Gasoil cukup melonjak di wilayah MOR III, yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

“Puncak konsumsi terjadi pada Sabtu, 15 Agustus 2020, yakni sekitar 34 ribu kiloliter (kl) atau lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata konsumsi harian yang mencapai 32 ribu kl,” pungkas Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×