kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini persiapan industri farmasi dalam negeri untuk distribusikan vaksin corona


Minggu, 30 Agustus 2020 / 10:49 WIB
Begini persiapan industri farmasi dalam negeri untuk distribusikan vaksin corona
ILUSTRASI. Peneliti beraktivitas di ruang riset vaksin Merah Putih di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Rabu (12/8/2020). Vaksin COVID-19 buatan Indonesia yang diberi nama vaksin Merah Putih tersebut ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2021. ANTARA FOTO/


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah perusahaan farmasi dalam negeri yang juga distributor farmasi mengakui telah menyiapkan infrastruktur distribusi rantai dingin atau cold chain untuk pembagian vaksin Corona. 

Melansir catatan Kontan.co.id sebelumnya, Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Farmasi (GP Farmasi), Dorojatun Sanusi mengatakan pengembangan vaksin membutuhkan keahlian, teknologi khusus, dan investasi yang tidak sedikit  tidak hanya untuk produksi tetapi juga distribusi. 

Baca Juga: UPDATE corona di Jabar, Jateng, Banten, Sumsel, Babel, dan Lampung 29 Agustus 2020

Dorojatun memaparkan untuk menyimpan sebuah produk vaksin dibutuhkan fasilitas pendingin dengan temperatur yang khusus, yakni sekitar 2-8 derajat celcius. Oleh karenanya, proses pendistribusiannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan, membutuhkan rantai dingin atau cold chain hingga sampai sasaran distribusi paling akhir agar kualitasnya terjaga.

Salah satu pemain yang siap tampil untuk mendistribusikan vaksin corona adalah PT Indofarma Tbk (INAF) lewat anak usahanya PT Indofarma Global Medika (IGM). Presiden Direktur PT Indofarma Global Medika, Indra Dewantara menyatakan IGM memiliki pengalaman dan infrastruktur dalam mendistribusikan produk-produk vaksin cukup lama.

Anak usaha INAF ini juga telah mengantongi sertifikat Cold Chain Product (CCP).  "Infrastruktur untuk proses distribusi vaksin adalah freezer, lemari es, alarm suhu, dan masih banyak lainnya," jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (28/8). 

Mengenai potensi bisnis distribusi vaksin Covid-19 sendiri, Indra mengungkapkan dengan kondisi pandemi saat ini tentunya distribusi vaksin sangat ditunggu oleh semua orang dan kebutuhannya sangat tinggi. 

Namun, Indra belum bisa memerinci bagaimana gambaran valuasi potensi distribusi vaksin Corona di tahun depan karena sampai hari ini IGM belum mendapatkan arahan dari holding maupun induk perusahaan terkait teknis distribusi serta mekanisme lainnya. "Sehingga belum bisa digambarkan hal tersebut (potensi valuasinya). Nanti kalau sudah ada arahan dari holding bisa kami gambarkan lebih lanjut," kata Indra. 

Baca Juga: Gejala Covid-19 Happy Hypoxia, ini peringatan epidemiolog

Jika dilihat secara umum, Indra mengatakan saat ini kontribusi distribusi vaksin cukup membantu penjualan IGM. Indra berharap penjualan seluruh vaksin yang sudah ada bisa terus meningkat karena penduduk Indonesia cukup banyak sehingga potensi pasar vaksin juga potensial. Ditambah lagi, IGM bersama dengan INAF sudah tergabung dalam holding BUMN Farmasi. 

Selain Indofarma, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) juga bakal berperan sebagai distributor vaksin Corona. Sekretaris Perusahaan Kimia Farma, Ganti Winarno belum bisa memberikan gambaran detail perihal potensi distribusi vaksin ini. 




TERBARU

[X]
×