kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini Strategi Buyung Poetra Sembada (HOKI) Hadapi Bisnis pada 2024


Senin, 25 Maret 2024 / 15:27 WIB
Begini Strategi Buyung Poetra Sembada (HOKI) Hadapi Bisnis pada 2024
ILUSTRASI. Penjualan beras cap Topi Koki produksi PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) di? gerai ritel modern, Depok, Jawa Barat.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten beras, PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menyiapkan beberapa strategi untuk memaksimalkan bisnisnya tahun ini. 

Direktur HOKI Budiman Susilo menyatakan, strategi HOKI tahun 2024 lebih memfokuskan diri ke efisiensi produksi untuk beras reguler serta pengembangan produk beras khusus berkualitas yang lebih sehat dan praktis dengan merek DailyMeal. 

Selain itu, HOKI juga tetap menjalankan strategi perluasan distribusi, baik di pasar modern maupun tradisional di berbagai wilayah di Indonesia. 

Di luar industri beras, HOKI juga membentuk perusahaan asosiasi yang bergerak di investasi di pasar modal, untuk mendukung dan mengoptimalkan profitabilitas perusahaan. 

Baca Juga: Pyridam Farma (PYFA) Bukukan Kerugian Rp 85,22 Miliar pada Tahun 2023

“Di mana entitas bisnis tersebut dijalankan oleh salah satu founder HOKI yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun di pasar modal Indonesia,” ungkap Budiman, kepada Kontan.co.id, Jumat (22/3). 

Terkait dengan permintaan beras di awal tahun 2024, Budiman mengatakan bahwa beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia sehingga permintaannya relatif stabil sepanjang tahun. 

Begitu juga dengan peningkatan permintaan beras selama periode Ramadan, Manajemen HOKI melihat bahwa fenomena ini hanya terjadi sementara. 

Untuk itu, HOKI akan memastikan bahwa produksi dan pasokan tetap konsisten, sehingga bisa memenuhi permintaan pasar.

Sedangkan untuk memastikan ketersediaan bahan baku, HOKI terus memperkuat dan menambah jaringan pengadaan bahan baku padi dan beras dengan mendekatkan diri ke sentra-sentra produsen beras berkualitas di seluruh Indonesia. 

“Perseroan terus berupaya untuk memproduksi memenuhi kebutuhan market sesuai dengan kemampuan, meskipun dengan harga bahan baku yang fluktuatif,” imbuhnya. 

Pada tahun ini, HOKI menyiapkan capex Rp 12 miliar untuk membangun pabrik baru di Jawa Tengah. Pabrik anyar ini diperuntukkan meningkatkan kapasitas produksi dari beras khusus DailyMeal, sehingga dapat mendukung rencana pertumbuhan yang diproyeksikan perusahaan. 

Baca Juga: Laba Bersih Siloam (SILO) Melesat 73,91% Tahun Lalu

Adapun, proses pembangunan dari pabrik ini sudah dimulai dan ditargetkan akan selesai dan beroperasi di pertengahan tahun 2025 mendatang. 

HOKI belum merilis secara resmi laporan keuangan tahun buku 2023. Namun, per kuartal III-2023, penjualan neto hoki tercatat mencapai Rp 888,49 miliar. 

Namun, HOKI harus menanggung kerugian Rp 12,58 miliar, padahal di posisi yang sama tahun lalu, HOKI masih mencetak laba sebesar Rp 1,78 miliar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×