kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45907,02   3,68   0.41%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Begini strategi L'Oreal memikat pasar kosmetik Indonesia


Rabu, 01 Juli 2020 / 12:33 WIB
Begini strategi L'Oreal memikat pasar kosmetik Indonesia
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A cosmetic display of French cosmetics group L'Oreal is seen at a Carrefour hypermarket in Nice, France, April 6, 2016. REUTERS/Eric Gaillard/File Photo


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan kosmetik global, L'Oréal terus berjibaku untuk memikat dan memenangkan pasar kecantikan Indonesia meski tantangan datang silih berganti dan semakin ketat.

Melanie Masriel, Communications, Public Affairs and Sustainability Director L’Oreal Indonesia menjelaskan L'Oréal telah berada di Indonesia selama lebih dari empat dekade. 

"Kami telah berhadapan dengan berbagai kompetisi selama berada di pasar. Hal ini mendorong dinamika pasar dan mendorong kami menciptakan inovasi," jelasnya kepada Kontan.co.id, Selasa (30/6).

Baca Juga: L'Oréal tak sekadar berkompetisi di pasar kosmetik halal

Melanie menyatakan L’Oréal yang sudah lebih dari 40 tahun menjangkau pasar Indonesia menyiapkan sejumlah strategi untuk memenangkan pasar.

Pertama, consumer centricity. Melanie menjelaskan agar dapat bersaing di era sekarang, strategi dimulai dari memahami aspirasi konsumen untuk menentukan konsep produk yang paling sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Kami juga mengalokasikan sumber daya yang signifikan untuk lebih memahami konsumen Muslim Indonesia untuk memastikan produk-produk kami dapat menjawab kebutuhan mereka dengan tepat," kata Melanie.

Strategi kedua adalah inovasi. Melanie memaparkan perusahaan menciptakan inovasi produk terdepan yang menjawab aspirasi masyarakat secara tepat guna.

Asal tahu saja, selama lebih dari 110 tahun sebagai perusahaan berbasis sains, L’Oréal terus mengembangkan inovasi produk melalui penggabungan antara aspirasi konsumen dengan ilmu pengetahuan yang menjadi inti kolaborasi antara divisi Consumer & Market Insight dengan divisi riset dan inovasi.

Melanie menyatakan melalui hal ini, L'Oréal dapat secara konsisten menawarkan inovasi produk dan servis yang relevan terhadap iklim, budaya, dan perilaku masyarakat lokal.

Strategi lainnya adalah komunikasi yang relevan. Melanie menyatakan L’Oréal mengalokasikan kegiatan pemasaran melalui jaringan channel yang tepat. Seluruh komunikasi produk disesuaikan secara relevan bagi konsumen Indonesia.

Selain terus berusaha memikat pasar Tanah Air, L’Oréal juga berupaya menyeimbangkan bisnisnya dengan lingkungan. Oleh karenanya pada (26/6) L’Oréal  telah menetapkan target pembangunan berkelanjutan hingga 2030.

Baca Juga: L'Oreal hadapi persaingan ketat industri kecantikan Indonesia

Adapun L’Oréal Indonesia diklaim sebagai salah satu anak perusahaan yang telah menunjukkan perkembangan besar pada pencapaian berkelanjutan dalam seluruh lokasi operasional.

Buktinya saja  pada akhir 2019, L’Oréal Indonesia telah mengurangi emisi CO2 dari pabrik Indonesia sebesar 83,9%, mengurangi konsumsi air sebesar 58,93%, dan mengurangi limbah 57,72% dibandingkan tahun 2005.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×