kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.946.000   19.000   0,99%
  • USD/IDR 16.318   -2,00   -0,01%
  • IDX 7.413   14,38   0,19%
  • KOMPAS100 1.041   -3,31   -0,32%
  • LQ45 788   -0,94   -0,12%
  • ISSI 247   -0,45   -0,18%
  • IDX30 409   -0,10   -0,02%
  • IDXHIDIV20 470   3,09   0,66%
  • IDX80 118   -0,31   -0,27%
  • IDXV30 119   0,40   0,34%
  • IDXQ30 130   0,35   0,27%

Belanja iklan pemerintah, parpol capai Rp 4,58 T


Rabu, 18 November 2015 / 22:00 WIB
Belanja iklan pemerintah, parpol capai Rp 4,58 T


Reporter: Pamela Sarnia | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Rupanya, pemerintah dan partai politik (parpol) menjadi penyumbang belanja iklan terbesar skala nasional. Hal ini diungkapkan lembaga survei Nielsen dari hasil survei Januari hingga September 2015.

Dalam pemeringkatan 15 belas kategori dengan belanja iklan terbesar di Indonesia, pemerintah dan parpol menduduki peringkat pertama dengan belanja iklan Rp 4,58 triliun. Lebih dari setengahnya, tepatnya 56% berasal dari kontribusi anggaran iklan pemerintah daerah. Sebanyak 77% dari iklan tersebut dimuat di surat kabar.

“Pemerintah daerah lebih banyak beriklan daripada pemerintah pusat,” kata Hellen Catherina, Direktur Media Nielsen dalam konferensi pers di Kantor Nielsen, Jakarta, Rabu (18/11).

Posisi berikutnya diduduki oleh kategori perawatan rambut dengan belanja iklan Rp 3,35 triliun. Lalu, di posisi ketiga ada kategori rokok yang menganggarkan Rp 3,3 triliun untuk iklan.

Berikut 15 kategori dengan belanja iklan terbesar di Indonesia periode Januari sampai September 2015:
1. Pemerintah dan parpol dengan belanja iklan sebesar Rp 4,58 triliun.
2. Perawatan rambut dengan belanja iklan sebesar Rp 3,35 triliun.
3. Rokok dengan belanja iklan sebesar Rp 3,3 triliun.
4. Telekomunikasi dengan belanja iklan sebesar Rp 3,06 triliun.
5. Teh dan kopi dengan belanja iklan sebesar Rp 2,71 triliun.
6. Perawatan wajah dengan belanja iklan sebesar Rp 2,66 triliun.
7. Iklan korporasi dan layanan masyarakat dengan belanja iklan sebesar Rp 2,62 triliun.
8. Makanan instan dan mi instan dengan belanja iklan sebesar Rp 2,44 triliun.
9. Deterjen dan pelembut pakaian dengan belanja iklan sebesar Rp 2,4 triliun.
10. Software computer dan layanan online dengan belanja iklan sebesar Rp 2,26 triliun.
11. Susu anak dengan belanja iklan sebesar Rp 2,14 triliun.
12. Minuman kesehatan dengan belanja iklan sebesar Rp 1,96 triliun.
13. Media, agen periklanan, dan produksi dengan belanja iklan sebesar Rp 1,89 triliun.
14. Makanan ringan, biskuit, cookie, dan kue dengan belanja iklan sebesar Rp 1,87 triliun.
15. Sepeda motor, skuter, dan sepeda dengan belanja iklan sebesar Rp 1,75 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Driven Financial Analysis Executive Finance Mastery

[X]
×