kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut ini faktor pendorong kenaikan ekspor PT Timah (TINS)


Senin, 24 September 2018 / 21:25 WIB
Berikut ini faktor pendorong kenaikan ekspor PT Timah (TINS)
ILUSTRASI. Ekspor timah


Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berdasarkan data yang didapat Kontan.co.id, hingga pertengahan September penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sektor mineral dan batubaa sudah melampaui target, yang mana mencapai Rp 33,55 triliun.

Jumlah ini melampaui target PNBP tahun ini yang dipatok sebesar Rp 32,09 triliun atau sudah terealisasi 104,5%. PT Timah Tbk (TINS) menyumbang Rp 182 miliar. Direktur Keuangan TINS, Emil Erminda mengungkapkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan ekspor.

“Faktor utama pendorong kenaikan ekspor tentunya adanya kenaikan permintaan pasar, perkembangan harga logam dan juga kurs US$ yang stabil ataupun meningkat,” katanya kepada Kontan.co.id (24/9).

Sebagai informasi, 90% penjualan PT Timah dipasarkan ke luar negeri. TINS menargetkan penjualan ke pasar ekspor sebesar 27.789 ton dan sampai Agustus 2018 baru terealisasi sebesar 16.015 ton. Pasar ekspor TINS seperti Eropa, Asia, Amerika, dan juga mulai masuk ke pasar China.

ia menjelaskan saat ini elemen pasar menjadi fokus dan pertimbangan utama dalam proses perencanaan strategis perusahaan baik jangka pendek maupun jangka panjang. “Dengan konsep sederhana kami bisa mengulur 2 faktor dari analisa SWOT yaitu kesempatan pasar dan tantangan yang ada dilihat dari berbagai aspek kelayakan bisnis,” imbuhnya.

Selain itu, perusahaan juga tengah fokus untuk meningkatkan kepastian sumber daya dan cadangan yang ada, TINS juga tengah meningkatkan kapabilitas dan kehandalan teknologi, baik untuk metode penambangan maupun smelter yang ramah lingkungan.

“Selanjutnya, kami juga tengah meningkatkan pengembangan kapasitas skala produksi dan investasi human capital. Dalam kebijakan dan pendekatan sistem perencanaan strategis yang kami terapkan, aspek people, process, dan teknologi merupakan hal utama yang harus selalu dikembangkan secara berlanjut dan terintergrasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×