kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bidik kinerja naik 20%-30%, begini strategi Transcoal Pacific (TCPI) di 2021


Jumat, 21 Mei 2021 / 14:56 WIB
Bidik kinerja naik 20%-30%, begini strategi Transcoal Pacific (TCPI) di 2021
ILUSTRASI. Armada kapal tunda PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI).


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Transcoal Pacific Tbk (TCPI) optimistis bisa mendongkrak kinerja pada tahun 2021. Emiten yang bergerak di sektor jasa pelayaran ini membidik pertumbuhan kinerja pendapatan dan laba antara 20%-30% dibandingkan realisasi tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan TCPI Anton Ramada Saragih mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan strategi untuk bisa meraih target kinerja tersebut. Pertama, dengan menambah jumlah pelanggan (customer base). Hal itu diupayakan dengan mendapatkan kontrak-kontrak baru angkutan batubara, nikel atau jenis barang curah lainnya. Sehingga bisa terjadi diversifikasi kargo.

Kedua, melakukan ocean going services dengan menggunakan kapal milik sendiri. Ketiga, meningkatkan komunikasi dan kualitas layanan kepada pelanggan-pelanggan TCPI saat ini. 

"Sehingga kontrak-kontrak yang ada dapat dipenuhi dengan semakin baik lagi," kata Anton kepada Kontan.co.id. Jumat (21/5).

Baca Juga: Bulan ini, Transcoal Pacific (TCPI) kedatangan 2 kapal baru

 

Penambahan Kapal Baru

Selain itu, strategi lain yang dijalankan TCPI adalah dengan menambah armada kapal milik sendiri. Dengan begitu, TCPI bisa mengurangi ketergantungan terhadap armada sewa dan mengurangi biaya sewa.

Pada tahun ini, TCPI berencana menambah enam unit armada milik sendiri. Anton membeberkan, dua unit penambahan armada sudah direalisasikan pada bulan April lalu. 

Selanjutnya akan ada tambahan dua unit pada bulan Juni atau Juli. Lalu, dua unit lainnya akan direalisasikan pada akhir 2021 atau setidaknya di awal tahun 2022.

"(Dana yang disiapkan untuk penambahan kapal) sekitar S$ 22,5 juta," jelas Anton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×