kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Bidik sektor non-pertambangan, Trakindo luncurkan dua alat berat anyar


Selasa, 27 Oktober 2020 / 14:31 WIB
Bidik sektor non-pertambangan, Trakindo luncurkan dua alat berat anyar
Alat berat ekskavator mini Cat 305E2 CR yang didistribusikan oleh Trakindo.

Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia alat berat merilis dua alat berat anyar yang menyasar sektor non-pertambangan. Kedua alat berat tersebut adalah generasi terbaru dozer Cat D6GC dan mini hydraulic excavator (minihex) Cat 305E2 CR.

"Dua produk baru ini cocok digunakan di sektor pertanian, perkebunan, dan konstruksi. Khususnya saat ini pemerintah menggalakkan infrastruktur dan kelapa sawit," jelas Rozy Andrianto, Division Head Construction Industry Marketing Trakindo  dalam acara virtual, Selasa (27/10).

Mengenai spesifikasinya, Rozy menjelaskan  Cat D6GC adalah dozer terbaru yang menggantikan pendahulunya Cat D7G yang disebut sebagai sang legenda. 

Baca Juga: Trakindo gelar kompetisi teknik alat berat 2020

Rozy memaparkan pada medio 8 tahun ke belakang, Trakindo mempunyai produk unggulan yaitu Cat D7G yang menguasai market karena kostumer sangat menyukainya.

Maka dari itu Cat D7G menyandang status sang legenda. Namun, D7G diputus produksinya sehingga tidak ada produk yang setara dengan D7G.

"Kemudian kami luncurkan lagi alat berat D6GC yang memiliki kemiripan dengan D7G sehingga apa yang masih bagus dipertahankan dan hal yang kurang diperbaiki," jelasnya.

Cat D6GC memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya lebih produktif, ekonomis, dan simpel. Lebih jelasnya Rozy menjelaskan alat berat ini lebih ekonomis karena memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien, serta biaya kepemilikan & operasional yang rendah.

Produk ini juga dapat meningkatkan produktivitas kerja hingga 10% berkat kombinasi horsepower, kapasitas blade dan operating weight yang lebih besar.

Maka dari itu, Rozy mengatakan Cat D6GC cocok diaplikasikan ke proyek  konstruksi, jalan, agrikultur, dan kehutanan.

Kemudian alat berat lainnya yang diluncurkan hari ini adalah Minihex Cat 305E2 CR, ekskavator kompak yang memiliki spesifikasi dan diklaim punya kinerja terbaik di kelasnya.

Rozy memaparkan mulai dari tenaga terbesar, kapasitas bucket terbesar, jangkauan terpanjang, hingga kapasitas angkat terbesar.

"Minihex  Cat 305E2 CR dapat menghasilkan kinerja tinggi di areal sempit. Cat 305E2 CR memiliki tenaga engine 42 HP dengan tenaga gali 38,6 kN," kata Rozy.

Mengenai kinerja hidroliknya, Rozy bilang Minihex punya kelebihan yakni andal dan akurat dengan kapasitas bucket 0.16 m3, jangkauan gali maksimum 6,04 m, dan tinggi galian maksimum 5,69 m.

Baca Juga: Memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, Trakindo kenalkan jajaran produk forklift

Oleh karenanya, Rozy mengatakan Minihex lebih banyak digunakan untuk sektor perkebunan untuk menggali parit, irigasi, merapihkan kebun. Selain itu juga bisa digunakan untuk sektor konstruksi.

Meski sudah jelas menyasar sektor non-pertambangan, Trakindo tidak memerinci seperti apa target penjualan dua alat berat anyar ini. Namun, ada sejumlah wilayah yang akan dibidik Trakindo. 

Rozy mengungkapkan untuk sektor konstruksi menyasar ke Jawa Barat, Jawa Timur, dan Bali. Kemudian untuk sektor agrikultur ke Kalimantan khususnya Kalimantan Barat sekitar Pontianak karena ada pertanian dan perkebunan. Lantas untuk perkebunan kelapa sawit ke Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×