kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.415.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.490
  • IDX 7.555   20,61   0,27%
  • KOMPAS100 1.163   0,66   0,06%
  • LQ45 942   3,23   0,34%
  • ISSI 221   -0,44   -0,20%
  • IDX30 479   2,02   0,42%
  • IDXHIDIV20 576   2,70   0,47%
  • IDX80 131   0,22   0,17%
  • IDXV30 136   -0,53   -0,39%
  • IDXQ30 160   0,80   0,50%

BisKita Trans Depok Resmi Beroperasi, Tarif Gratis 6 Bulan, Cek Rutenya


Senin, 15 Juli 2024 / 14:22 WIB
BisKita Trans Depok Resmi Beroperasi, Tarif Gratis 6 Bulan, Cek Rutenya
ILUSTRASI. Biskita Trans Depok akan beroperasi selama 16 jam dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB dan dapat dinikmati secara gratis selama 6 bulan pertama


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Rute BisKita Trans Depok- KONTAN.CO.ID -Jakarta. Transportasi umum BisKita Trans Depok resmi beroperasi. Selama enam bulan ke depan, BisKita Trans Depok gratis untuk gratis untuk berkeliling di kota sebelah selatan Jakarta tersebut. Berikut rute BisKita Trans Depok yang perlu dikenai

BisKita Trans Depok adalah angkutan umum baru yang diluncurkan Pemkot Depok. Dengan BisKita Trans Depok, warga bisa kelilig dari terminal Depok hingga Stasiun LRT Harjamukti.

Peresmian BisKita Trans Depok dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, MInggu 14 Juli 2024 di Stasiun Light Rail Transit (LRT) Harjamukti, Depok.

Dilansir dari Kompas.com, Budi mengatakan, BisKita Trans Depok ini akan melayani para penumpang yang menuju dan berangkat dari LRT Harjamukti dengan rute trayek menuju Terminal Depok dan sebaliknya. Ia memprediksi, kehadiran Biskita Trans Depok tersebut dapat mengurangi sekitar 2.000 mobil dan motor yang bergerak di jalan.

"Jika sepanjang hari ada 2.000 orang yang dapat terlayani melalui BISKITA, maka artinya paling tidak sebanyak 2.000 motor atau mobil pribadi tidak bergerak di jalan. Selain berbiaya murah, hal ini juga dapat mengurangi polusi dan kemacetan," kata Budi.

Budi mengatakan, Biskita Trans Depok akan beroperasi selama 16 jam dari pukul 05.00 hingga 21.00 WIB dan dapat dinikmati secara gratis selama 6 bulan pertama.

Budi mengatakan, akan ada total 48 titik perhentian dengan total jarak lintasan 34 kilometer. "Saat ini terdapat 14 unit kendaraan yang siap beroperasi serta 1 unit kendaraan cadangan dengan target sebanyak 7 ritase per unit. Selama 6 bulan di awal beroperasi, layanan ini dapat dinikmati secara gratis," ujarnya.

Menhub mengatakan, layanan BTS adalah skema pemberian subsidi berupa pembelian layanan dari perusahaan angkutan umum untuk penyelenggaraan angkutan penumpang umum di kawasan perkotaan kepada masyarakat.

Layanan ini, kata dia, diberikan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan kepada operator yang akhirnya dinikmati masyarakat. Menurut Menhub, saat ini tercatat sudah ada 11 kota yang telah mengalokasikan APBD-nya untuk layanan BTS, yakni Padang, Pekanbaru, Gorontalo, Batam, Tangerang, Semarang, Surabaya, Bali, Surakarta, Jambi, dan Banjarmasin.

Ia mengapresiasi kota-kota yang sudah mulai melakukan pembiayaan yaitu membayar BTS dengan APBD sendiri. "Seperti Padang dan Surakarta, mereka bukanlah kota-kota yang memiliki APBD tinggi, tetapi mereka menyadari bahwa APBD harus turut serta. Ini penting demi konektivitas angkutan umum yang lebih baik. Apa yang kita lakukan sekarang adalah stimulus atau percontohan agar antarmoda berjalan dan masyarakat terlayani dengan baik," tuturnya.

"Ke depan, semoga semakin banyak Pemda melakukannya. Saya yakin Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang mampu untuk mengalokasikan sebagian APBD, tidak perlu banyak," ucap dia.

Tarif BisKita Trans Depok gratis

Diberitakan Kompas.com, Pemerintah Kota Depok akan menggratiskan tarif Biskita Trans Depok selama enam bulan pertama beroperasi. Pemerintah berharap moda transportasi ini dapat menjadi solusi kemacetan. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Depok Zamrowi mengatakan, digratiskannya tarif Biskita Trans Depok dilakukan demi menarik minat masyarakat, sekaligus memperkenalkan moda transportasi baru ini.

"Sambil kan kalau kita Rp 0 itu diharapkan minat warga naik dulu, menikmati dulu. Ini kan budaya baru, transportasi baru. Jadi ada banyak hal yang harus kita persiapkan," tutur Zamrowi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Tarif ini akan mulai berlaku tepat setelah Biskita Trans Depok diresmikan oleh Kementerian Hubungan dan Dishub Depok pada pertengahan Juli 2024. "Kalau tanggal masih nunggu dari Kementerian, cuma perkiraannya di pertengahan Juli ini mulai bisa beroperasi," ungkap Zamrowi.

Baca Juga: Liburan Terjangkau di Yogakarta dengan KSPN DAMRI, Tarif Mulai Rp 11.600

Jadwal operasional dan rute Biskita Trans Depok

Adapun jadwal operasional Biskita Trans Depok akan dimulai pukul 05.00 hingga 21.00 WIB setiap hari. "Untuk jadwal sementara Biskita Trans Depok ini mulai jam 5 pagi sampai 9 malam," kata Zamrowi, seperti dikutip dari Antara (Minggu (7/7/2024).

Zamrowi mengatakan armada Biskita Trans Depok yang beroperasi ada 15 unit bus, dengan jeda waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk keberangkatan. "Waktu antara per unit 10 sampai 15 menit dan seterusnya," ujar dia.

Ia menambahkan rute Biskita Trans Depok sudah diatur, mulainya dari Terminal Depok sampai Stasiun LRT Harjamukti. "Rute Biskita Trans Depok mulai Terminal Depok, lalu melintasi Jalan Siliwangi, Tole Iskandar, Simpangan Depok, Jalan Raya Bogor, kemudian pintu Tol Cisalak, pintu Tol Cibubur, dan terakhir di Stasiun LRT Harjamukti," ujar Zamrowi.

Untuk tempat menurunkan dan menaikkan penumpang, Pemerintah Kota Depok dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) telah menyiapkan tempat. Ada 44 titik dari rute Terminal Depok hingga Stasiun LRT Harjamukti.

Zamrowi menjelaskan jumlah 44 titik tempat pemberhentian dan menaikkan penumpang bus itu dua arah bentuknya ada yang halte dan berupa rambu. "Maksud dari 44 itu titik naik turun penumpang 2 arah. Bentuknya itu ada halte dan rambu," kata dia.

Lebih lanjut Zamrowi menjelaskan dalam pelaksanaan Buy the Service (BTS) ini Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) membantu penambahan pembangunan empat halte dari delapan yang direncanakan. "Jumlah halte ini dapat berkurang atau bertambah disesuaikan kebutuhan," pungkasnya.

Baca Juga: Tarif & Rute Bus JRC Dari Bekasi Ke Jakarta, Pilih Rute Blok-M atau Pasar Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Sustainability Reporting with GRI Standards Practical Business and Social Responsibility berbasis ISO

[X]
×