Reporter: Ario Fajar |
JAKARTA. Memanfaatkan momen Lebaran, beberapa peritel di ibukota mencoba menggaet pembeli dengan aneka promosi. Salah satu yang sedang marak adalah buka toko sampai tengah malam (midnight sale), lengkap dengan promo diskon besar.
Salah satu mal di Jakarta yang menggelar acara belanja diskon sampai tengah malam adalah Senayan City. Mal di pusat Jakarta ini menggelar acara bertajuk Midnight Shopping pada 3-5 September 2010 lalu.
Dalam acara ini, departmen store papan atas Debenhams dari Inggris menawarkan diskon sekitar 20%-70% sejak pukul 21.00 sampai pukul 24.00 WIB. Ada juga promo beli satu gratis satu, serta tambahan diskon 20% untuk beberapa barang.
Lebih dari 250 vendor bergabung memeriahkan acara ini. Misal produk fashion seperti Zara, Armani Exchange, Adidas Original, Bottega Veneta, Calvin Klein, Bebe, dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan Best Denki juga menawarkan diskon. Misal, melepas BlackBerry Onyx seharga Rp 3,9 juta untuk pemilik kartu kredit BCA.
Juga bertebaran diskon di aneka resto dan kafe di mal ini. Misal dari Resto n Cafe, D'raja's, Daity Queen, Coffe King, Bread Talk, dan sebagainya.
Sri Ayu Ningsih, PR and Tenant Relation Manager Senayan City, bilang, program Midnight Shopping ini disasarkan khusus menyambut Hari Raya Idul Fitri. "Pengunjung di hari kedua (4/9) mencapai 150.000 orang, naik 30% dari hari pertama," ujarnya Minggu (5/9).
Tak heran jika total transaksi yang tercatat melonjak antara tiga sampai lima kali lipat dari total transaksi pada hari biasa. "Contohnya, di salah satu resto yang pengunjung rata-ratanya 300 orang per hari, melonjak menjadi 900 orang per hari," imbuhnya.
Lolita, salah satu pengunjung asal Jakarta, mengatakan, dia sudah bersiap dengan troli di depan Debenhams sejak pukul 19.00 malam. Ia khusus datang ke Senayan City untuk memburu pakaian serta perlengkapan rumah dengan harga diskon. "Saya persiapkan Rp 3 juta untuk belanja," ujarnya.
Tak mau ketinggalan gurihnya momen Ramadan, peritel asal Prancis, Carrefour, juga buka gerai hingga pukul 24.00 WIB. Acara ini berlaku di 50 gerai Carrefour di seluruh Indonesia mulai 2-8 September 2010. "Kami prediksi, puncak kegiatan perbelanjaan akan terjadi pada H-3 dan H-2 menjelang Lebaran," ujar Hendri B. Satrio, Manajer Komunikasi Eksternal Carrefour.
Ia bilang, saat ini antusias pengunjung Carrefour sangat tinggi. Sayangnya, Hendri enggan membeberkan kenaikan jumlah pelanggan yang datang ke gerai Carrefour tersebut.
"Kebanyakan produk yang dibeli adalah makanan, kebutuhan rumah tangga, dan pakaian," ujarnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News