kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bohlam Panasonic tak mampu bersaing dengan China


Kamis, 04 Februari 2016 / 20:02 WIB
Bohlam Panasonic tak mampu bersaing dengan China


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Rachmat Gobel, Chairman Panasonic Gobel Group akhirnya angkat bicara terkait kabar penutupan pabrik yang dilakukannya di Cikarang.

Mantan menteri perdagangan itu memastikan tidak ada penutupan pabrik seperti yang ramai diberitakan. Menurutnya yang dilakukan hanyalah melakukan penggabungan.

“Panasonic berbeda dengan Toshiba dan Ford. Panasonic tetap terus mempunyai optimisme terhadap ekonomi Indonesia,” tegasnya pada KONTAN, Kamis (4/2).

Panasonic Indonesia memutuskan dilakukannya penggabungan dua usaha yaitu PT Panasonic Lighting Indonesia (PESLID) yang memproduksi lampu compact fluorescent lamp (CFL) atau lampu bohlam dan PT Panasonic Gobel Eco Solution Manufacturing Indonesia (PESGMFID) yang memproduksi luminer LED.

Terhitung mulai 1 Januari kemarin, karena penggabungan tersebut, proses produksi saat ini dilakukan di Rembang, Pasuruan, Jawa Timur dan Cileungsi, Bogor.

“Memang untuk pabrik lighting di Pasuruan sudah tidak mempunyai daya saing dengan produk-produk impor dari China,” ujarnya.

Menurutnya langkah ini dilakukan agar pertumbuhan bisa lebih besar kedepannya. Sekarang ini permintaan produksi CFL terus menurun di pasar Jepang dan domestik dengan kecenderungan pindah ke teknologi LED.

Kata Gobel sebagai gantinya untuk produk lighting akan dikembangkan pada produk yang masih memiliki edit value.

Dalam kesempatan itu ia pun membantah adanya aksi pemecatan besar-besaran yang dilakukannya. Menurutnya keputusan untuk berhenti datang dari karyawan sendiri ketika ada pemindahan pabrik. Beberapa karyawan merasa keberatan sehingga mengajukan pengunduran diri dari perusahaan dengan pesangon yang lebih baik dari yang dianjurkan pemerintah.

“Jumlah seluruh karyawan Panasonic Gobel Indonesia itu ada 15.000-an,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×