CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

BPDP Sawit kucurkan dana replanting Rp 376 miliar


Selasa, 05 April 2016 / 17:48 WIB
BPDP Sawit kucurkan dana replanting Rp 376 miliar


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Dupla Kartini

JAKARTA. Program penanaman kembali alias replanting kelapa sawit mulai bergulir. Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelontorkan dana hibah replanting untuk tahap pertama sebesar Rp 376 miliar. Dana tersebut diberikan bagi petani untuk meremajakan sawit di lahan seluas 15.060 hektare (ha).

Adapun, BPDPKS menargetkan bisa melakukan replanting seluas 48.000 ha sepanjang tahun ini.

Direktur Utama BPDPKS Bayu Krisnamurthi mengatakan, pihaknya memfasilitasi dan mendukung pelaksanaan kesepakatan kerjasama petani, perbankan dan perusahaan sawit untuk peremajaan perkebunan rakyat. Selain juga mendorong penggunaan teknologi pencirian genomik berdasarkan petani gen tanaman sawit untuk mengurangi bibit gagal atau tidak berkualitas.

Pada tahap pertama ini, salah satu yang mendapat hibah adalah KUD Mulus Rahayu di Kabupaten Siak, Riau. BPDPKS memberikan dana sawit sebesar Rp 6,75 miliar bagi peremajaan perkebunan sawit. Di KUD Mulus Rahayu terdapat 135 kepala keluarga (KK) petani yang memiliki kebun sawit eks plasma seluas 270 ha. KUD ini bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri, dan mendapat dukungan teknis dan kesepakatan pembelian hasil dari PT Indo Sawit Subur, anak usaha Asian Agri.

Nantinya, total nilai pembiayaan peremajaan di KUD ini sebesar Rp 16,48 miliar atau setara Rp 61 juta per ha selama 11 tahun. "BPDPKS memberikan bantuan sebesar 6,75 miliar atau sebesar Rp 25 juta per ha, atau 41% dari total pembiayaan," ujar Bayu dalam konferensi pers di Kementerian Pertanian, Selasa (5/4).

Selain itu, BPDPKS juga memberikan bantukan ke Koperasi Sawit Mandian Jaya asal Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. Koperasi ini mereplanting kebun sawit seluas 400 ha yang dimiliki 200 KK petani dengan biaya total Rp 24,7 miliar selama 13 tahun. Dari nilai itu, BPDPKS memberikan bantuan sebesar Rp 10 miliar atau 40,5% dari total pembiayaan. Dalam replanting ini, Koperasi Sawit Mandian bekerjasama dengan Bank BRI Agro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×