kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Brantas Abipraya Bakal Rampungkan Pembangunan Kampung Seni Borobudur September 2024


Selasa, 02 Juli 2024 / 17:04 WIB
Brantas Abipraya Bakal Rampungkan Pembangunan Kampung Seni Borobudur September 2024
ILUSTRASI. Pembangunan Kampung Seni Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID — JAKARTA. Baca Juga: Brantas Abipraya Bangun Sejumlah Proyek Penting di IKN Nusantara (Persero) menargetkan pembangunan Kampung Seni Borobudur di Kujon, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang yang dimulai pada akhir tahun 2023, tuntas pada September 2024 mendatang. 

Kampung Seni Kujon ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang tengah dikerjakan BUMN konstruksi ini untuk mendukung destinasi super prioritas di Borobudur.

“Dibangun di atas lahan seluas 10,7 hektare, Penataan Kampung Seni Kujon ini akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti amphitheater (gelanggang terbuka untuk pertunjukan seni), museum, pasar seni cinderamata, kuliner, parkir, dan shuttle (fasilitas antar-jemput),” ujar Purnomo, Direktur Operasi II Brantas Abipraya dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan, Selasa (02/07).

Sebagai informasi, Kampung Seni Borobudur adalah proyek strategis nasional yang diluncurkan pemerintah pusat untuk mendukung pariwisata di kawasan Borobudur. 

Baca Juga: Rupiah Melemah, Kemenparekraf Imbau Masyarakat Berlibur Di Dalam Negeri Saja

Aktivitas penataan sudah dimulai sejak groundbreaking dilaksanakan pada November 2023 dan pembangunan kampung seni ditargetkan selesai pada September 2024.

Purnomo menuturkan, sebagian area dari kampung seni ini nantinya digunakan sebagai area perdagangan, memuat semua pedagang yang semula berada di zona 2 dan area tersebut juga sebagai area parkir kendaraan pengunjung candi. 

Selain itu, dalam kampung seni juga akan dibangun museum serta area pentas kesenian.

“Kami akan pastikan proyek penataan kawasan Borobudur ini nantinya akan memberikan kenyamanan dengan mewujudkan lingkungan Candi Borobudur nantinya lebih bersih dan tertata, juga lebih hijau, sehingga dapat menambah magnet wisata bagi turis lokal maupun mancanegara,” tutup Purnomo.

Selanjutnya: Rupiah Melemah Tajam Hampir ke Rp 16.400 per dollar, Besok Masih Rawan

Menarik Dibaca: Rupiah Melemah Tajam Hampir ke Rp 16.400 per dollar, Besok Masih Rawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×