kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

Bukukan Kinerja Positif pada 2023, PLN Berhasil Tekan Pemadaman


Rabu, 05 Juni 2024 / 06:40 WIB
Bukukan Kinerja Positif pada 2023, PLN Berhasil Tekan Pemadaman
ILUSTRASI. Pekerja memperbaiki jaringan transmisi tenaga listrik di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Senin (27/02/2023). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat konsumsi listrik per kapita di Tanah Air dalam lima tahun terakhir terus meningkat dari 1.064 kilowatt hour (kWh) pada 2018 menjadi 1.173 kWh pada 2022 dan di proyeksikan meningkat 13,9 persen atau 1.336 kWh pada 2023. ANTARA FOTO/Muhammad Izfaldi/Lmo/tom.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membukukan kinerja positif pada tahun 2023 lalu. Berdasarkan laporan kinerja terbaru PLN mencatatkan pendapatan usaha sebesar Rp 487,38 triliun pada 2023. 

Pendapatan PLN tersebut meningkat sebesar Rp 46,5 triliun jika dibandingkan dengan pendapatan pada tahun 2022. Kenaikan pendapatan tersebut juga menyokong laba PLN.

Perusahaan setrum negara ini berhasil mengantongi laba bersih Rp 22,07 triliun pada 2023 seperti dikutip dari situs resmi PLN pada Selasa (4/6).

Baca Juga: PLN dan Masdar Kaji Rencana Ekspansi PLTS Terapung Cirata Hingga 500 MWac

Pendapatan sebesar itu, diraih melalui berbagai upaya seperti transformasi menyeluruh dan diversifikasi produk serta layanan kepada masyarakat luas sebagai konsumen.

Melalui beragam inovasi tersebut, PLN sukses meraih pendapatan penjualan tenaga listrik sebesar Rp333,19 triliun, bertambah Rp 22,13 triliun dari periode 2022.

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, mengapresiasi kinerja PLN tersebut. Apalagi PLN dinilai juga telah berhasil menekan jumlah pengaduan terutama terkait pemadaman listrik.

Baca Juga: PLN Ajak Komunitas Global Danai Transisi Energi

“Pengaduan terkait pemadaman bergilir, khususnya pada sistem besar, nyaris tidak ada. Bahkan PLN sudah tidak masuk dalam 10 besar perusahaan dengan jumlah pengaduan tertinggi yang diterima oleh YLKI,” ujarnya.

Menurut Tulus, pelayanan PLN sebagai pemasok energi listrik kepada publik dan konsumen mengalami perbaikan dalam lima tahun terakhir. Hal ini terlihat dari karakter dan jumlah pengaduan yang diterima dari konsumen.

Ia berharap PLN terus berkomitmen melakukan transformasi di semua lini, terutama dalam layanan pelanggan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×