kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.942.000   6.000   0,31%
  • USD/IDR 16.395   -20,00   -0,12%
  • IDX 6.907   -61,50   -0,88%
  • KOMPAS100 997   -14,27   -1,41%
  • LQ45 765   -9,88   -1,28%
  • ISSI 225   -2,18   -0,96%
  • IDX30 397   -4,54   -1,13%
  • IDXHIDIV20 466   -5,69   -1,21%
  • IDX80 112   -1,62   -1,42%
  • IDXV30 115   -1,15   -0,99%
  • IDXQ30 128   -1,29   -0,99%

Bulan depan, wagyu Jepang banjiri pasar Indonesia


Kamis, 23 Oktober 2014 / 11:46 WIB
Bulan depan, wagyu Jepang banjiri pasar Indonesia
ILUSTRASI. Mayoritas emiten LQ45 mencatatkan kinerja yang positif selama tiga bulan pertama tahun ini.


Reporter: Mona Tobing | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Perjanjian bisnis dalam perdagangan daging antara Indonesia dan Jepang memasuki babak baru. Bulan depan, daging wagyu asal Jepang akan mudah dicari di dalam negeri. Kondisi ini juga jadi penanda produk ayam olahan Indonesia segera masuk pasar Jepang. 

Sayang, berapa besar volume daging kelas premium yang masuk belum mau diungkapkan oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kemtan) Syukur Iwantoro. Soal volume impor daging, ia menegaskan kewenangan ada di Kementerian Perdagangan.

Meski begitu, mantan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, impor daging dari Jepang akan membantu Indonesia mengurangi ketergantungan terhadap daging sapi asal Australia dan Selandia Baru. Yang jelas, importir dan penyalurnya adalah perusahaan pelat merah, PT Berdikari. Pengiriman baru bisa dilakukan setelah daging wagyu melalui proses sertifikasi halal dari MUI. 

Kepastian impor wagyu sudah ada, tapi nasib ekspor daging ayam olahan ke Jepang justru menggantung. Eksportir belum dapat kepastian kapan bisa melakukan ekspor. Eko Sandjojo, Direktur PT Sierad Produce Tbk mengaku belum mengetahui kapan produk makanan olahan seperti nugget, bakso, sosis, sate ayam (kitori) dan daging ayam (karage) dikirim ke Negeri Matahari Terbit tersebut. Pihaknya masih menunggu kepastian dari Jepang.

Ketua Gabungan Pengusaha Makan Ternak (GPMT) Sudirman juga menyebut, Jepang masih mengevaluasi produk makanan olahan Indonesia. "Banyak yang kurang dan dituntut oleh Jepang. Secara kualitas tidak diragukan. Tinggal hal kecil, yakni administrasi," kata Sudirman kepada KONTAN. Rabu (22/10).

Sudirman menjelaskan, empat perusahaan yakni PT Charoen Pokhpand Tbk, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, PT Sierad Produce dan PT Malindo Feedmill tengah mengurus izin ekspor ke Jepang. Izin diurus masing masing perusahaan. Mungkin karena itu, butuh waktu lagi untuk memastikan ekspor berjalan.

Kementerian Perdagangan menargetkan ekspor daging ayam olahan ke Jepang bisa mencapai US$ 200 juta atau 10% dari kebutuhan karage atau ayam goreng di negeri matahari terbit itu. Keempat perusahaan optimistis dapat membidik pangsa pasar 10% dari total target ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Owe-some! Mitigasi Risiko SP2DK dan Pemeriksaan Pajak

[X]
×