kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bundamedik (BMHS) Berupaya Wujudkan Transformasi Digital di Sektor Kesehatan


Kamis, 14 Desember 2023 / 09:00 WIB
Bundamedik (BMHS) Berupaya Wujudkan Transformasi Digital di Sektor Kesehatan
ILUSTRASI. PT Bundamedik Tbk (BMHS) mengupayakan transformasi digital pada berbagai lini layanan kesehatannya (KONTAN/Baihaki)


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Emiten rumah sakit, PT Bundamedik Tbk (BMHS) mengupayakan transformasi digital pada berbagai lini layanan kesehatannya, termasuk melalui kolaborasi lintas sektor dan implementasi dalam pemberdayaan layanan kesehatan. Upaya ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi BMHS dalam mewujudkan visi pemerintah terhadap Indonesia Emas 2045.

Transformasi digital kesehatan dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi merupakan bagian dari pilar utama transformasi kesehatan Indonesia. Pengembangan sistem kesehatan yang tangguh dan responsif serta memastikan penduduk berusia panjang dan hidup sehat menjadi bagian yang semakin penting untuk dilakukan.

Nurhadi Yudiyantho, CEO Group PT Bundamedik Tbk & Managing Director Bundamedik mengungkapkan, komitmen BMHS dalam menghadirkan layanan kesehatan terbaik dan terdepan bagi masyarakat Indonesia tentu sejalan dengan inisiatif pemerintah dalam menggalakkan transformasi kesehatan.

Baca Juga: Pendapatan Rumah Sakit Bundamedik (BMHS) Naik 11% di Kuartal Ketiga 2023

Pengembangan teknologi kesehatan dalam ekosistem BMHS kini menjadi prioritas bagi perusahaan dalam menghadirkan akses layanan kesehatan yang berkualitas.

Melalui berbagai inisiatif digitalisasi serta kolaborasi aktif lintas sektor, BMHS fokus berkomitmen dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para pasien.

"Hal ini merupakan langkah strategis kami untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia,” ujar dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Rabu (13/12).

Salah satu langkah progresif BMHS dalam transformasi digital kesehatan juga dinyatakan dalam layanan patient journey terintegrasi OneBunda yang dimulai pada Maret 2023. Layanan ini telah dimanfaatkan oleh lebih dari 65.000 pasien BMHS.

Platform OneBunda menjadi rantai digital yang menyatukan rangkaian layanan kesehatan yang telah dimiliki BMHS secara berkesinambungan dan memudahkan pasien untuk mengakses informasi dan layanan kesehatan melalui mekanisme omnichannel. OneBunda hadir dengan berbagai fitur seperti booking untuk janji temu dokter, telekonsultasi, pemesanan pemeriksaan lab beserta hasilnya yang dapat diterima secara digital. Di sisi lain, pasien juga dapat mengakses layanan yang lebih personal seperti Buku Kehamilan dan Buku Vaksin Anak Digital.  

Selain itu, untuk mengakomodasi kebutuhan pasien BMHS yang dinamis, proses pengembangan dan transformasi digital terus dilakukan. Kini, BMHS memperkuat layanan dengan kolaborasi aktif lintas sektor.

Misalnya kolaborasi BMHS bersama Asa Ren, untuk mengembangkan fitur health passport dalam OneBunda agar pasien dapat terlibat secara aktif dan mandiri dalam manajemen kesehatan mereka sendiri, seperti akses terhadap rekam medis, rekomendasi pemeriksaan yang perlu mereka lakukan sesuai profil kesehatan mereka, serta ragam informasi kesehatan yang dapat diakses kapanpun dan di mana pun.  

Kebutuhan akan proses layanan kesehatan yang lebih cepat sekaligus memberikan pengalaman online-to-offline yang seamless juga diupayakan oleh BMHS bagi para pasien yang melakukan kunjungan ke Rumah Sakit. Melalui kolaborasi dengan Yokke, BMHS menyediakan Anjungan Pembayaran Mandiri bagi pasien untuk mempersingkat waktu antrean di kasir.

Selain itu, BMHS juga memberikan pengalaman mengakses layanan kesehatan dengan semakin mudah bagi pasien melalui integrasi sistem rekam medis pasien, pemesanan obat, hingga informasi total pembayaran untuk mempercepat proses pelayanan, yang saat ini sudah diimplementasikan di RSIA Bunda Jakarta.

Lebih lanjut, BMHS juga memperluas informasi layanan dan produk kesehatan dengan sejumlah keuntungan yang ditawarkan lewat kolaborasi lintas sektor bersama mitra strategis BMHS lainnya seperti PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) dengan kanal promosi digital.

Pemegang boarding pass Garuda kini dapat menikmati berbagai fasilitas kesehatan dalam ekosistem BMHS dengan harga khusus, hanya dengan menunjukkan boarding pass mereka saat memanfaatkan layanan kesehatan di jaringan Rumah Sakit Bunda Group. Sedangkan bagi nasabah Bank Mandiri, kini dapat membeli produk atau layanan kesehatan di BMHS melalui aplikasi Livin Sukha.  

Nurhadi menuturkan, digitalisasi di rumah sakit bukan hanya tentang penggunaan teknologi, melainkan juga tentang perubahan budaya dan proses untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara keseluruhan.
"Memaksimalkan transformasi digital layanan kesehatan menjadi langkah penting bagi BMHS dalam menuju pelayanan kesehatan yang lebih efisien, terjangkau, dan berkualitas,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×