Reporter: Ika Puspitasari | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) mebidik penjualan sebesar Rp 300 miliar sepanjang tahun ini. Sampai kuartal I-2019, CAKK sudah mencatatkan pendapatan sebesar Rp 84 miliar atau meningkat 47% ketimbang periode yang saham tahun sebelumnya Rp 57 miliar.
Dengan pertumbuhan pendapatan tersebut, mereka berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp 6 miliar melonjak 47% dari periode yang saham tahun 2018 Rp 4 miliar. Juli Berliana, Direktur CAKK mengatakan tumbuhnya pendapatan selama kuartal I-2019 lantaran permintaan juga meningkat dan semakin luasnya penetrasi pasar.
Guna mencapai target penjualan sebesar Rp 300 miliar itu, mereka sudah menyiapkan beberapa strategi salah satunya dengan terus memperluas pemasaran.
Mulai tahun lalu, CAKK merambah ke pasar ke wilayah Indonesia Timur dengan penjualan keramik langsung ke alur pemasaran yakni distributor, proyek dan modern retailer, sehingga produk mereka terserap dengan baik.
Juli bilang, sejauh ini pasar Indonesia bagian Timur merespons dengan baik dan CAKK berniat akan menggalakkan pemasaran ke Indonesia Timur, sementara untuk penjualan paling banyak masih dari pulau Jawa. “Selain itu kita juga melakukan efisiensi produksi,” ujarnya, Selasa (23/4). Saat ini pangsa pasar CAKK sudah mencapai 4% hingga 6%.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News