Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen es krim PT Campina Ice Cream Industry Tbk (CAMP) mencatatkan pertumbuhan bisnis yang cenderung stabil sepanjang semester-I tahun ini. Dalam laporan keuangannya sampai akhir Juni 2019 pendapatan bersih perseroan tercatat senilai Rp 503,47 miliar.
Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 488,34 miliar. "Salah satu faktor yang mendorong peningkatan kinerja kami saat itu ialah musim liburan dan lebaran," sebut Sagita Melati, Sekretaris Perusahaan CAMP kepada Kontan.co.id, Rabu (7/8).
Adapun beban pokok penjualan perseroan naik tipis 0,5% year on year (yoy) menjadi Rp 209,43 miliar di semester I-2019. Sehingga laba kotor yang diperoleh tercatat sebanyak Rp 294,04 miliar pada paruh pertama 2019 atau tumbuh 4,9% dibandingkan periode yang sama tahun kemarin.
Baca Juga: Segarkan pasar, Campina meluncurkan produk baru
Namun pos beban lainnya, khususnya di beban penjualan mengalami kenaikan. Hal tersebut turut menggerus laba bersih menjadi Rp 31,75 miliar sampai akhir Juni 2019 ini, turun mini 2% dibandingkan paruh pertama tahun lalu yang senilai Rp 32,47 miliar.
Menurut Sagita, perolehan capaian paruh pertama tahun ini masih sesuai dengan target dan rencana sampai akhir tahun nanti. Dimana perseroan mematok pendapatan bersih hingga Rp 1 triliun atau tumbuh kisaran 4% dibandingkan tahun lalu.
Memang terjadi pelemahan bottomline, untuk itu perseroan terus menggalakkan efisiensi. "Secara operasional dengan konsisten kami terapkan green office yang dapat menurunkan penggunaan energi," kata Sagita.
Baca Juga: Rajin Ekspansi, Es Krim Campina (CAMP) Bakal dinikmati di Banyak Pelosok Indonesia
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News