kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Central Cipta Murdaya investasikan dana hingga US$ 2 miliar untuk properti


Rabu, 25 April 2018 / 19:32 WIB
Central Cipta Murdaya investasikan dana hingga US$ 2 miliar untuk properti


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Central Cipta Murdaya (CCM) terus mengembangkan bisnis propertinya, mulai dari komplek perkantoran, hotel hingga bisnis convention hall. Untuk proyek eksisting yang tengah konstruksi dan perencanaan perusahaan menginvestasikan dana US$ 2 miliar.

Karuna Murdaya, Direktur PT Central Cipta Murdaya mengatakan perusahaan saat ini tengah mengembangkan beberapa proyek prestisius. Asal tahu saja, perusahaan baru saja menyelesaikan proyek gedung 42 lantai yaitu WTC III.

"US$ 1 miliar itu untuk gedung yang lagi konstruksi tetapi belum selesai. Kalau termasuk dengan perencanaan ya investasinya hampir US$ 2 miliar, kalau dengan proyek yang baru nanti saya belum tahu," ujar Karuna kepada Kontan.co.id, Rabu (25/4).

Karuna menambahkan, saat ini perusahaan sudah memiliki gedung WTC hingga seri V yakni WTC I, WTC II, WTC III, WTC 5 dan WTC VI. Nantinya seri WTC akan sampai XII. "WTC IV tidak ada karena hokinya tidak bagus karena dalam bahasa China artinya mati," ujarnya.

Sedangkan untuk gedung WTC V dan VI merupakan gedung Metropolitan I dan II yang dibangun pada tahun 1974 dan 1984. Untuk WTC I dibangun pada tahun 1994, WTC II dibangun 2012 dan WTC pada tahun ini.

"Yang selanjutnya setelah WTC III akan jadi WTC VII, kapan itu jadi saya juga tidak tahu. Kira-kira itu akan lebih dari 50 lantai," lanjutnya.

Selain itu akan ada WTC VIII yang akan dibangun lebih dari 60 lantai dan WTC IX yang akan mencapai 80 lantai. Namun dirinya belum membeberkan secara lebih rinci kapan pembangunan proyek tersebut dimulai.

"Ini di dalam block pipeline sudah ada, nati di belakang (komplek) itu ada WTC X, WTC XI dan WTC IX," lanjut Karuna.

Saat ini perusahaan tengah menyelesaikan pembangunan Pondok Indah Mall 3 yang akan selesai tahun 2020, Puri Indah 2 dan Puri Indah Apartemen, JIExpo Mix Used Development untuk hotel bintang 5, kemudian proyek Hotel Majapahit di Surabaya.

"Saya bilang US$ 1 miliar itu lagi dibangun karena ada banyak proyek yang sekarang hampir selesai dan ada juga yang belum mulai. Angkanya itu sebetulnya yang dibangun US$ 500 juta-US$ 2 miliar itu tergantung," lanjut Karuna.

Dirinya mengatakan tidak ada rencana untuk menggalang dana dari pasar modal karena saat ini kas internal cukup kuat. Yang jelas, proyek-proyek ini akan menjadi salah satu kontributor secara grup. Menurutnya, sektor properti memberikan kontribusi lebih dari 40% terhadap CCM.

D

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×