kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.912   12,00   0,08%
  • IDX 7.199   58,54   0,82%
  • KOMPAS100 1.106   11,37   1,04%
  • LQ45 878   11,64   1,34%
  • ISSI 221   1,06   0,48%
  • IDX30 449   6,23   1,41%
  • IDXHIDIV20 540   5,82   1,09%
  • IDX80 127   1,42   1,13%
  • IDXV30 134   0,44   0,33%
  • IDXQ30 149   1,71   1,16%

Cetak Laba di Kuartal I 2024, Begini Penjelasan Malindo Feedmill (MAIN)


Rabu, 22 Mei 2024 / 13:35 WIB
Cetak Laba di Kuartal I 2024, Begini Penjelasan Malindo Feedmill (MAIN)
ILUSTRASI. PT Malindo Feedmill. Foto:?malindofeedmill.com


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN) mencetak kinerja positif selama kuartal I-2024. 

Di periode tersebut, MAIN mampu membalikan keadaan dengan mencetak laba Rp 87,64 miliar dibandingkan kerugian Rp 172,87 miliar pada periode sama tahun lalu. 

Kinerja positif tersebut tak lepas dari perolehan penjualan selama kuartal pertama. Penjualan bersih MAIN meningkat 21,2% yoy menjadi Rp 3,24 triliun di kuartal I 2024 dibandingkan Rp 2,67 triliun pada posisi sama tahun lalu. Secara keseluruhan, setiap penjualan produk MAIN mengalami peningkatan yang signifikan. 

Penjualan tersebut terdiri atas penjualan pakan Rp 2,10 triliun, ayam pedaging Rp 541,77 miliar, anak ayam/itik usia sehari Rp 464,03 miliar, maknan olahan Rp 32,02 miliar, dan lain-lain Rp 106,87 miliar. 

Jika diperinci, penjualan pakan ternak naik sebesar 17,7% atau sebesar Rp316,7 miliar. Peningkatan penjualan anak ayam/ itik usia sehari tercatat sebesar 46,5% atau Rp 147,3 miliar dari Rp 316,7 miliar menjadi Rp 464,0 miliar di periode Maret 2024.

Baca Juga: Malindo Feedmill (MAIN) Jajaki Potensi Ekspor ke Pasar Timur Tengah

Begitu juga dengan penjualan ayam pedaging yang mencapai Rp 88,3 miliar atau lebih tinggi 19,5% dibandingkan periode sama tahun lalu. 

“Penjualan makanan olahan naik 8,8% atau naik sebesar Rp 2,6 miliar, penjualan lain lain naik 13,8% atau sebesar Rp 12,9 miliar. Secara keseluruhan setiap penjualan produk mengalami peningkatan yang signifikan,” ungkap Direktur Malindo Feedmill Rudy Hartono Husin, dalam Paparan Publik, Selasa (21/5). 

Rudy menjelaskan, faktor pendorong utama kinerja di awal tahun 2024 adalah kondisi market yang jauh lebih baik dari tahun lalu, ditambah dengan adanya momentum Ramadan dan Lebaran yang turut menunjang demand produk poultry. 

Laba kotor MAIN pada kuartal I-2024 naik 517,4% dari Rp 62,4 miliar menjadi Rp 385,5 miliar. Peningkatan laba kotor ikut mendorong peningkatan bottom line MAIN dari merugi Rp 172,87 miliar di kuartal I-2023 menjadi laba sebesar Rp 87,64 miliar di akhir Maret 2024.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×