kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,89   6,14   0.68%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Citra Swarna Group Targetkan Pertumbuhan Kinerja hingga 60% pada Tahun 2023


Selasa, 27 Desember 2022 / 10:30 WIB
Citra Swarna Group Targetkan Pertumbuhan Kinerja hingga 60% pada Tahun 2023


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Citra Swarna Group optimistis prospek industri properti akan cerah tahun depan. Pengembang ini menargetkan bisa mencatatkan eprtumbuhan kinerja bisnis hingga 60%.

Adapun tahun ini, Citra Swarna Group membukukan marketing sales tumbuh sekitar 52%. Presiden Direktur Citra Swarna Group Victor mengungkapkan, pihaknya masih mampu memacu kinerja hingga membukukan performa bisnis cukup ciamik di tengah berbagai macam tantangan.

Capaian itulah yang membuat pengembang ini percaya diri memasang target memasang target bisnis yang lebih tinggi di tahun depan. Apalagi, perseroan juga tengah mempersiapkan pengembangan dua proyek properti baru skala besar di luar wilayah Karawang.

"Saat ini, kami punya empat proyek kawasan perumahan yang masih berjalan. Jadi, peningkatan bisnis dari sekitar 52% ke 60%, bukan sesuatu yang mustahil untuk kami capai di 2023," kata Victor dalam keterangan resminya, Selasa (27/12).

Baca Juga: Intiland Development (DILD) Terus Mencari Strategi dalam Penjualan Properti

Sementara Direktur Penjualan dan Pemasaran Citra Swarna Group Suryanti Agustinar mengungkapkan, perseroan telah berhasil menjual 1.500 unit rumah sepanjang 2022. Itu berasal dari empat proyek yang dikembangkan di Bekasi, Karawang, dan Tangerang, Banten. 

Ia menyakini dengan kehadiran dua proyek baru di tahun depan tentu akan memperbesar peluang untuk mencapai peningkatan bisnis perseroan.

Optimisme itu sejalan dengan kondisi ekonomi Indonesia cukup kuat dengan pertumbuhan sebesar 5,4%  dan kebutuhan masyarakat akan properti terutama hunian juga terbilang masih tinggi dimana backlog perumahan mencapai 12,7 juta.

Menurut Yanti, segmentasi pasar properti terutama residensial terbesar masih berasal dari golongan masyarakat menengah. Buktinya, dari total rumah yang terjual itu mayoritas menyasar segmen pasar menengah khususnya keluarga muda dan generasi milenial dengan kisaran harga Rp 500 jutaan. 

"Daya beli masyarakat di segmen ini memang masih cukup kuat. Karena itu, sebagai langkah strategis ke depan Citra Swarna Group masih akan fokus mengembangkan proyek-proyek hunian dengan segmentasi pasar menengah. Selain itu, kami juga memperkuat digital marketing guna mempermudah generasi milenial dalam memenuhi kebutuhan huniannya," tuturnya.

Direktur Keuangan Citra Swarna Group Darwin Manurung mengatakan pencapaian bisnis sepanjang 2022 juga ditopang oleh kondisi keuangan perseroan yang sangat sehat. Ini dibuktikan dengan rasio utang terhadap kecukupan modal yang masih relatif kecil. Tidak heran, bila pemanfaatan Kredit Yasa Griya (KYG) dari perbankan untuk kebutuhan modal kerja pembangunan proyek hingga kini masih tergolong minim.

Darwin menyebut, hal itu menjadi modal yang kuat bagi perseroan untuk melakukan akselerasi bisnis. Selain menambah jumlah proyek hunian yang dikembangkan, lanjutnya, pengembangan ini juga  akan membangun properti komersial seperti pusat perbelanjaan, hotel, dan perkantoran yang dikelola sendiri. Nantinya, dari hasil penyewaan space pada properti-properti tersebut akan menghasilkan recurring income.

Baca Juga: Jakarta Punya Tambahan 42.500 Kamar Hotel Baru Hingga Akhir Tahun 2022

Terkait rencana IPO, Victor mengatakan hingga kini masih on the track. Demi hasil yang memuaskan, pihaknya tak ingin tergesa-gesa dalam memutuskan aksi korporasinya. Sejalan dengan hal itu, perseroan terus melakukan pembenahan internal serta menambah aset land banking untuk pengembangan bisnis. Seperti diketahui, lahan-lahan pengembangan proyek yang kami kuasai Citra Swarna Group umumnya cukup luas.

"Selain penguatan internal dan penguasaan land banking, saat ini kami masih fokus pada sistem delivery hunian yang berkualitas dan tepat waktu. Hal ini penting kami lakukan, mengingat kepuasan konsumen adalah hal utama bagi kemajuan Citra Swarna Group," pungkas Victor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×