kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45995,96   -12,32   -1.22%
  • EMAS991.000 1,02%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

CTRA: Kenaikan Harga Besi dan Baja Berdampak pada Sektor Properti


Rabu, 05 Oktober 2022 / 20:50 WIB
CTRA: Kenaikan Harga Besi dan Baja Berdampak pada Sektor Properti
ILUSTRASI. CTRA Membenarkan Kenaikan Harga Besi dan Baja Berimbas Pada Sektor Properti. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) membenarkan kenaikan besi dan baja akan berimbas pada harga jual properti mereka.

Direktur Ciputra Development sekaligus Sekretaris Perusahaan Tulus Santoso mengatakan bahan material besi berkontribusi sekitar 15% dari total unit biaya properti rumah.

"Iya betul, besi hanya kontribusi sekitar 15% dari total biaya untuk pembangunan properti pada segmen house landed," kata Tulus kepada Kontan (05/10).

Berdasarkan jumlah kontribusi material tersebut, diperkirakan terjadikanya kenaikan harga besi akan ikut mengerek 15% harga jual properti CTRA, khususnya untuk harga jual lahan rumah karena saat ini perseroan sedang tidak berfokus pada pembangunan apartemen. Meskipun demikian, Tulus mengatakan kenaikan harga komoditas besi dan baja tidak akan terlalu berdampak signifikan apabila harga komoditas material lainnya tidak ikut naik,

Baca Juga: CTRA: Kenaikan Suku Bunga Acuan BI Berdampak Terhadap Minat Masyarakat Mengambil KPR

"Kenaikan harga besi tidak terlalu berdampak signifikan asal yang lain-lain tidak ikut naik, Kebetulan kami saat ini tidak sedang bangun apartemen," kata Tulus.

Meski dibayang-bayangi rentetan kenaikan bahan material bangunan besi dan baja, namun Tulus mengaku perseroan tetap optimis dapat mencapai target hingga akhir tahun 2022.

"Untuk target tahun ini optimis tercapai sih, karena saat ini pertumbuhannya sebesar 15% dari tahun lalu, sementara ini pertumbuhan bisnis ditargetkan mencapai 5%," kata Tulus kepada Kontan (5/10).

 

 

Sebagai informasi, salah satu faktor terjadinya kenaikan besi dan baja ini diakibatkan oleh pasokan besi dan baja yang terbatas dan harga bahan baku yang meningkat. Meningkatnya permintaan material bangunan besi dan baja ini diakibatkan banyaknya proyek-proyek yang sudah berjalan di tanah air, mulai dari pembangunan infrastruktur jalan tol, pembangunan IKN, hingga perbaikan infrastruktur untuk mendukung perhelatan KTT G20.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×